Babinsa Desa Jajar Terjun ke Sawah

Magetan, Babinsa Desa Jajar Kec.Kartoharjo dengan Tekad TNI dalam mewujudkan swasembada pangan nasional sesuai instruksi Presiden Joko Widodo sudah bulat. Untuk membantu rekan petani, Bintara Pembina Desa (Babinsa) bekerja sama dengan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Desa Jajar Kecamatan Kartoharjo terjun ke sawah petani, membantu proses penyiangan tanaman padi di lahan seluas 0,5 hektare, Minggu (15/4).

Serda Eko yang bertugas sebagai Babinsa desa jajar anggota Koramil 0804/08 Barat selalu aktif dalam menjalankan tugasnya khususnya di bidang pertanian Serda Eko selalu membantu/mendapingi masyarakat  petani di desa binaanya.

Babinsa Desa Jajar, Serda Eko menuturkan, penyiangan tanaman padi dilakukan di area persawahan petani yang dikelola Kelompok Tani Sejahtera Makmur. “Fungsi penyiangan pada tanaman padi, selain menghilangkan gulma agar tanaman padi tak mempunyai saingan dalam mengambil unsur hara. Ini juga agar sinar matahari bisa leluasa masuk ke sela-sela tanaman padi sampai ke akarnya,” ungkapnya. Warga desa jajar sangat senang dan menerima dengan baik kedatangan Babinsa Serda Eko, yang menurut warga sangat membantu terutama dalam bidang pertanian.  Dengan bekal dari dinas pertanian Babinsa Serda Eko selalu mendampingi petani dalam  rangka Melaksanakan sosialisasi obat-obatan dan cara pemupukan serta penyemprotan yang baik dan benar.

Diharapkan, tanaman padi yang baru beberapa hari di tanam tersebut akan berkembang dengan maksimal, dibuktikan dengan bertambahnya tunas-tunas padi baru. Menurut dia, gulma yang dicabut dapat dipendam atau dimasukan ke dalam sawah, supaya bisa menjadi pupuk organik. “Gulma akan menjadi pupuk organik, sementara pupuk lain yang ditaburkan petani akan menjadi makanan bagi tanaman padi tersebut,” tutur dia.

Serda Eko menyebutkan, dalam penyiangan tersebut terasa mudah, karena para petani telah melakukan metode tanam padi sistim Jajar Legowo (Jarwo). “Ini sesuai dengan arahan dari PPL dan dibantu Babinsa seperti kami. Dengan kami bersinergi dengan PPL dan petani diharapkan hasil panen petani akan meningkat. Peningkatan hasil panen akan berpengaruh terhadap kesejahteraan petani itu sendiri,” terang dia.

Ketua Kelompok Tani Sejahtera Makmur, Murahman mengaku, sangat terbantu dengan adanya peran Babinsa tersebut. Hingga saat ini, para petani telah banyak dibantu Babinsa dan PPL dalam mengoptimalkan hasil panen. “Mereka sangat rajin turun mendampingi kami. Mereka tidak sungkan-sungkan turun ke sawah membantu petani melakukan proses penyiangan tanaman padi milik petani,” beber dia. (MDC0804)

Tinggalkan Balasan