Upacara Pembukaan Pendidikan Pertama Tamtama TNI AD Gel I Ta. 2018 Di Secata Rindam V/Brawijaya

Magetan – Dandim 0804/Magetan Letkol Arm Heri Bayu Widiatmoko menghadiri upacara pembukaan pendidikan pertama (Dikmata) TNI AD Gel I tahun 2018 di Lapangan Upacara Secata Rindam V/Brawijaya Magetan. Upacara diikuti oleh 326 calon siswa tersebut di pimpin langsung oleh Kasdam V/Brawijaya Mayjend TNI Widodo Iriansyah S.sos M.M, selaku Dan up Mayor Inf Adityo (Kasiops Dik Rindam V/BRW, Pa Up Mayor Inf M. Sodik dengan penanggung  jawab Letkol Inf. Yudirianto Ratu (Dan secata A). Senin/23/4/2018

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Brigjen TNI Widodo Iriansyah, S.Sos.,MM (Kasdam V/Brw). Kolonel Inf. Dendi Suryadi  (Danrindam V/BRW). Kolonel Inf. Lukman Hakim (Aspers Kasdam V/BRW). Letkol Inf Ichwansyah, S.H. (Irutben V/BRW). Letkol Arm Bayu Argho (Waasren Kasdam V/BRW). Letkol Arm Imam Haryadi (Waasintel Kasdam V/BRW). Letkol Inf Rahyanto edy (Waaster Kasdam V/BRW). Letkol Inf Sulistiyo Bawono (Waaslog Kasdam V/BRW). Kol Kal Roiche C. Manusiwa (Kadislog Lanud Iswahjudi). Letkol Sus Sutarno (Ka Intelijen Lanud Iswahjudi). Letkol Inf. Yudirianto Ratu (Dan secata A). Letkol Arm. Heri Bayu  Widiatmoko, SE (Dandim 0804/ Magetan).  AKBP Muslimin, S.I.K (Kapolres Magetan).  Mayor Inf Kabul (Kasipers Korem 081/DSJ) dan Sdri. Karmini (Ketua DPRD Kab. Magetan)

Dalam amanatnya Pangdam V/Brawijaya yang dibacakan oleh Kasdam V/Brawijaya Mayjend TNI Widodo Iriansyah S.Sos M.M. Mengucapkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena  atas rahmat dan karunia-Nya kita dapat mengikuti Upacara Pembukaan Pendidikan Pertama Tamtama TNI AD Gelombang I Tahun 2018, dalam keadaan sehat walafiat.  Pangdam V/Brawijaya  mengucapkan “Selamat” kepada seluruh siswa yang telah terpilih mengikuti pendidikan ini. Kalian patut bersyukur karena telah lulus dengan mampu bersaing secara sehat serta melewati tahapan seleksi dan ujian penyaringan yang cukup ketat meliputi aspek administrasi, kesehatan, jasmani, psykologi dan mental ideologi. Para siswa perlu berbangga dan tentunya, juga menjadi kebanggaan orang tua dan masyarakat, karena dapat terpilih menjadi yang terbaik. Selanjutnya saya berharap bulatkan tekad  kalian  untuk  menjadi  prajurit TNI AD, sehingga selalu akan mewarnai semangat kalian dalam mengikuti Pendidikan Pertama Tamtama TNI AD.  Tunjukkan bahwa kalian memang mampu dan layak terpilih sebagai prajurit TNI AD dengan memenuhi kualifikasi kelulusan, yaitu sebagai Prajurit Dua yang berkualifikasi dasar keprajuritan dari golongan Tamtama TNI AD. Syarat awal dari upaya tersebut kalian harus melewati masa pendidikan dengan materi latihan dasar keprajuritan selama kurang lebih 5 bulan. “tegas Kasdam V/Brawijaya “

Lebih lanjut dikatakan bahwa hal mendasar yang perlu kalian laksanakan adalah merubah sikap dan segera menyesuaikan diri dengan kehidupan yang baru yaitu kehidupan prajurit. Dunia kemiliteran selalu diwarnai oleh sikap disiplin, tertib, bertanggung-jawab, loyalitas, tegas, berani, disertai kehormatan diri yang tinggi. Bersamaan dengan itu, kalian  harus segera mempelajari, memahami dan menjiwai nilai-nilai dan norma keprajuritan yang terkandung dalam pedoman hidup prajurit yakni Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI.  Hal itu penting karena tujuan pendidikan ini adalah membentuk Prajurit Siswa menjadi Prajurit Tamtama TNI AD yang memiliki sikap dan perilaku Sapta Marga, menguasai pengetahuan dan ketrampilan Dasar Keprajuritan serta memiliki kondisi kesamaptaan jasmani yang kuat dan sehat.

Perlu kalian ketahui bahwa dewasa ini pimpinan TNI AD terus berupaya membangun TNI AD yang berkelas dunia yaitu postur TNI AD yang profesional, modern, efektif, efesien dan militan serta mencintai dan dicintai rakyat. Salah satu     faktor    kunci    dalam    upaya tersebut adalah modernisasi Alutsista dan peningkatan kualitas SDM yang mampu menyesuaikan diri dengan kemajuan teknologi militer. Dalam konteks seperti itu maka sebagai prajurit, kalian harus memanfaatkan pendidikan ini untuk menyiapkan diri menjadi Tamtama profesional yaitu prajurit yang menguasai tugas pokoknya, serta mahir dalam penerapannya di lapangan. Berbuatlah yang terbaik sehingga kelak kalian nanti bisa menjadi seorang prajurit yang disiplin, memiliki fisik yang prima, jago perang, jago menembak dan jago beladiri. maka dari itu, pusatkan segala pikiranmu dalam belajar dan berlatih, jaga kesehatan dan pelihara fisikmu, agar kalian dapat mengikuti pendidikan ini sampai selesai dengan hasil yang memuaskan. “pungkasnya”

Diakhir Amanatnya Kasdam V/Brawijaya memberikan penekanan kepada calon siswa agar  selalu berdoa dan beribadah sesuai dengan keyakinan masing-masing agar selalu tetap dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa dan apa yang kalian cita-citakan dapat tercapai sesuai harapan, segera ketahui, pahami serta hayati norma-norma Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI kemudian terapkan dalam bentuk sikap dan perilaku sehari-hari, pahami materi yang diajarkan dan dilatihkan dengan seksama, serta kembangkan semangat kebersamaan dan ke-kompakan, patuhi segala petunjuk dan perintah para pelatih, untuk menjadi seorang prajurit TNI AD, maka kalian prajurit siswa harus lulus dan mahir dalam hal fisik serta akademik seperti navigasi darat, menembak dan renang militer serta kemampuan-kemampuan dasar lainnya, karena nantinya kalian akan mengawaki Alutsista di Satuan jajaran TNI AD, harus memanfaatkan pendidikan ini untuk menyiapkan diri agar men-jadi Tamtama TNI AD yang profe-sional menguasai tugas pokoknya dan mahir dalam penerapannya dilapangan guna mendukung tugas-tugas kalian ke depan.

Selanjutnya, kepada Danrindam V/Brawijaya beserta para Gumil dan Pelatih saya percayakan sepenuhnya calon prajurit terpilih dari Kodam V/Brawijaya ini agar dibentuk dan dididik secara baik dan benar. Sehingga kelak menjadi Tamtama  profesional, berjiwa kejuangan, berdisiplin dan memiliki loyalitas yang tinggi selaras dengan tujuan pendidikan pertama Tamtama TNI AD.

Kegiatan rangkaian pembukaan pedidikan Secata Rindam V/Brw diakhiri dengan pengarahan Kasdam V/Brawijaya  Brigjend TNI Widodo Iriansyah S.Sos, M.M kepada para prajurit siswa di aula Secata Rindam V/Brawijaya magetan. (MDC0804)

 

Tinggalkan Balasan