Peran Babinsa Dalam Menyikapi Permalahan Di Desa

Barat. Serda Dardi anggota Koramil 0804/08 Barat Babinsa Desa Banjarjo. melaksanakan komsos bersama masyarakat di desa binaan. Pelaksanaan komsos merupakan tugas rutin yang di laksanakan babinsa untuk mengetahui perkembangan wilayah binaan dan persoalan yang ada di wilayah , Sehingga Babinsa dapat memberikan saran dan solusi namun jika tidak dapat Babinsa dapat menyalurkan persoaalan itu kepada orang atau Instansi yang berwenang.

Danramil 0804/08 Barat Kapten Inf Suparlan mengatakan babinsa merupakan ujung tombak garda terdepan satuan yang langsung berhubungan dengan masyarakat, babinsa harus rutin dan aktif untuk membina desanya supaya bisa mencegah dan mengantisipasi permasalahan di desanya.

Melalui komsos yang dilakukan oleh Babinsa  dapat menjembatani masyarakat  dalam menghadapi masalah yang ada, oleh karena itu Komsos dapat berguna untuk mencari suatu solusi bersama, melalui Komsos tersebut hal sesulit apapun bisa ditangani dengan mudah. “Komsos ini adalah salah satu cara pendekatan  kepada masyarakat sehingga apabila ada permasalahan dapat kita selesaikan bersama,”

Oleh karena itu seorang Babinsa harus memiliki kemampuan Komsos dengan Komponen masyarakat dan aparat pemerintah lainnya, sehingga melalui Komsos tersebut Babinsa dapat mengajak komponen-komponen yang ada untuk ikut berpartisipasi dalam perencanaan, penyiapan dan melaksanakan apa yang diinginkan pemerintah sebagai program unggulan untuk mensejahterakan  masyarakat. “tegas Danramil 0804/06 Barat Kapten Inf Suparlan” (R.08)