Pembukaan Pelatihan Bimtek Pengkajian Kebutuhan Pasca Bencana Jitupasna Tahun 2018.

Panekan – Dalam rangka menyediakan sumber daya manusia yang mampu melaksanakan pengkajian kebutuhan pasca bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magetan mengadakan pelatihan Pengkajian Kebutuhan Pasca Bencana (Jitu Pasna), (selasa 8/05/18). bertempat di pendopo kecamatan Panekan pelatihan dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 8 – 9 mei 2018 peserta latihan dari peserta berjumlah 20 orang dari perangkat desa dan kelurahan se kecamatan panekan.

Kepala bidang kedaruratan dan logistig BPBD Kabupaten Magetan bpk Ferry Yoga mengatakan,  Kegiatan untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang bagaimana cara melakukan kajian kebutuhan pasca bencana di lokasi bencana, Karena ketangguhan tidak hanya dibutuhkan pada saat terjadi bencana, tapi juga penanganan yang tepat dan pemulihan pasca bencana.

“Jitupasna merupakan bagian penting dari tahapan penanggulangan bencana terutama pada fase status siaga darurat ke pemulihan. Setelah kejadian bencana maka dilakukan upaya untuk menghitung kerusakan dan kerugian. Juga dilakukan penghitungan terhadap gangguan akses dan fungsi serta meningkatnya risiko yang terjadi.” Ujarnya ( R.  03 )

Tinggalkan Balasan