Mutasi Dan Pelantikan Jabatan Perangkat Desa Tanjung

BENDO,   Berdasarkan Peraturan Bupati (PERBUP) Nomor 90 Tahun 2016 tentang Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) pemerintah desa yang baru dan Peraturan Desa (PERDES) No 03 Tahun 2017, Maka Kepala Desa Tanjung perlu mengeluarkan Surat Keputusan Kepala Desa Nomor  188 / 03 / Kept / 403.410.05 / 2018 tanggal 30 mei 2018 tentang mutasi dan pelantikan perangkat Desa.  Maka bertempat di Balai Desa Tanjung dilaksanakan pengambilan sumpah dan pelantikan kepada para perangkat desa yang menduduki jabatan baru dimulai pukul 10.00 wib sampai dengan pukul 11.30 wib. (Rabu, 30/05/18)

     Dalam acara tersebut dihadiri oleh Forkopimca Bendo yaitu Camat Bendo Drs. Kun Ihwan Hidayat, MSi. Danramil 0804/13 Bendo Kapten Inf Efendi Santoso, Kapolsek Bendo AKP Iin Pelangi, SS. Kepala KUA Bendo Rofiq Udin, S.Ag, Kepala Desa Tatang Setiawan, ST. Babinsa Sertu Jayadi, Babinkamtibmas Aipda Jumadi, Ketua BPD dan anggota, Ketua LPM dan anggota, Ketua RW/RT, Tokoh Masyarakat dan Perangkat Desa yang akan dilantik serta ibu-ibu PKK dengan jumlah 60 undangan.

     Acara pengambilan sumpah dan pelantikan diawali dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya oleh seluruh undangan,  Pembacaan surat keputusan kepala desa tanjung dan dilanjutkan pengambilan Sumpah kepada Sdr Agus Setyono jabatan baru Kepala Seksi Pemerintahan, Sdri Naning Sri Wulansih jabatan baru Kepala Seksi Pelayanan, Sdr Sujut Subawanto jabatan baru Kepala Urusan Perencanaan, Sdr Kusmin jabatan baru Kepala Urusan Keuangan, Sdr Bambang Setiyawan jabatan baru Staf Urusan Perencanaan, Sdr Martono jabatan baru Staf Seksi Pemerintahan, Sdr Didit Baskoro Asri, Spd. Jabatan baru Staf Seksi Pelayanan, Sdr Hadi Suwito jabatan baru Staf Seksi Pemerintahan, Paing Sugiono jabatan baru Staf Seksi Pelayanan, Sdr Joko Sulistiyo jabatan baru Staf Urusan Keuangan. Sdr Rudianto jabatan baru Kepala Dusun III dan Sdr Marni jabatan baru Kepala Dusun IV.

     “Saya ucapkan selamat kepada Perangkat Desa yg sudah diambil sumpah dan dilantik, walaupun wajah lama namun ada beberapa orang  yang dimutasi untuk menduduki jabatan baru agar sesuai dengan kemampuannya masing-masing, bukan berarti setelah kita dilantik ini kita hanya fokus pada tugas individu masing-masing sehingga kita berpikir tugasmu ya tugasmu dan tugasku ya tugas ku. Anda merupakan satu sistem yang perlu kerjasama dan saling membantu dengan perangkat yang lain Dan yang perlu kita ingat adalah kita sebagai pelayan masyarakat jadi kita harus betul-betul melayaninya selama 24 jam, walaupun malam kalau masyarakat perlu dengan kita, Ya harus kita layani. Mari kita tingkatkan lagi kinerja kita dalam rangka kelangsungan pemerintahan di desa tanjung yang lebih baik lagi” Ujar Bapak Tatang Setiawan, ST. selaku Kepala Desa.

     Drs. Kun Ihwan Hidayat, MSI. selaku Camat Bendo mengajak semua perangkat desa yang baru dilantik agar segera menyesuaikan diri sesuai dengan tugas dan tanggungjawabnya. Dalam acara pelantikan ini semua yang dilantik adalah pejabat desa lama yang sudah ada didesa ini, jadi tidak ada orang yang baru disini. Jadi semua pejabat lama namun sekarang berganti sebutan sesuai SOTK yang baru contoh jabatan modin sekarang berganti Kepala seksi pelayanan. Kalau ada jabatan yang masih kosong agar pak kades dimasukan ke anggaran untuk diisi melalui pembentukan panitia seleksi sehingga mendapatkan pejabat desa yang betul-betul mampu melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya. Kemudian pak kades juga untuk mengevaluasi dari kinerja para pejabat desa yang dilantik ini, kalau dirasa ada pejabat desa yang kurang sesuai dengan kemampuannya maka kades bisa melakukan mutasi kembali sehingga diharapkan betul-betul maksimal dalam melaksanakan tugas dan fungsinya.

     Susunan jabatan baru ini merupakan perampingan personel dimana memaksimalkan perangkat desa walaupun jumlahnya sedikit namun diharapkan dengan hasil yang maksimal serta mengetahui fungsi dan tugasnya masing-masing. Mengajak perangkat desa yang baru dilantik untuk meningkatkan kerjasama yang harmonis dan jaga kekompakan baik dengan sesama perangkat maupun dengan masyarakat guna menjaga kerukunan antar warga. Kepada perangkat desa dihimbau agar mampu menjadi tauladan bagi warganya sehingga tercipta masyarakat yang tertib, aman dan tentram untuk mewujudkan desa tanjung yang makmur dan sejahtera. Tutur Danramil 0804/13 Bendo dalam sambutannya. (R-13)

Tinggalkan Balasan