Peran Koramil Dalam Pembinaan Kegiatan Pramuka Di Wilayah

BENDO, Penegak Bantara adalah tingkatan syarat-syarat kecakapan umum pertama dalam satuan pramuka penegak sebelum penegak laksana. Golongan pramuka penegak yang belum menyelesaikan syarat-syarat kecakapan umum (SKU) penegak bantara belum dianggap sebagai pramuka penegak dan disebut sebagai Tamu Ambalan atau Tamu Penegak sedangkan singkatan dari BANTARA yaitu Bantuan Tenaga Rakyat.

Untuk memberikan pelatihan kepramukaan dan kesan yang mendalam bagi anggota pramuka yang akan dilantik menjadi Penegak Bantara maka SMKN 1 Bendo mengadakan perkemahan selama 2 hari mulai hari jumat dan sabtu tanggal 11 dan 12 Mei 2018 bertempat di Kandangan Kecamatan Kare Kabupaten Madiun dengan melibatkan Anggota Koramil 0804/13 Bendo sebagai Pembina. (Sabtu, 12/05/18)

Dalam kegiatan perkemahan tersebut sebagai pembina dari Koramil 0804/13 Bendo 5 orang dengan yang tertua Pelda Sutoyo, Pembina dari guru sebanyak 15 orang dengan yang tertua Drs. Sunarto, Kakak senior 30 orang dan peserta yang dilantik menjadi pramuka penegak bantara sebanyak 650 anak.

Untuk hari pertama dimulai dengan mendirikan tenda dan upacara pembukaan dilanjutkan pengenalan lingkungan disekitar bumi perkemahan. Malam di isi acara keagamaan sampai dengan sholat Isya. Setelah kegiatan keagamaan diisi Wasbang oleh Anggota Koramil 0804/13 Bendo. Kemudian untuk memberikan semangat karena malam hari udaranya sangat dingin maka dilatihkan yel-yel untuk menghangatkan suasana.

Pada hari kedua peserta perkemahan melaksanakan penjelajahan (outbond) yang di Latih langsung anggota Koramil 0804/13 Bendo dengan menyusuri perbukitan dan sungai kurang lebih 6 Km, Namun cuaca yang sejuk dan pemandangan yang indah serta ada air terjunnya membuat para peserta antusias mengikuti kegiatan ini. Dalam outbond ini dibagi beberapa pos yang masing-masing pos menguji satu materi yang harus dipecahkan oleh setiap sanggar. Untuk Pos 1 yaitu materi PBB, Pos 2 yaitu materi Wasbang, Pos 3 yaitu materi Pioneer, Pos 4 yaitu materi Kompas dan Pos 5 yaitu materi Orientasi Peta. Setelah peserta selesai dari Pos 5 langsung masuk menyusuri sungai yang airnya dingin sekali dengan diiringi lagu syukur dan dilanjutkan perjalanan untuk kembali ke bumi perkemahan.

Setelah seluruh peserta sampai di bumi perkemahan dilanjutkan acara pengukuhan dan pelantikan menjadi Penegak Bantara. Dengan penuh hikmad dan rasa haru yang mendalam seluruh Peserta Pramuka mengikuti jalannya prosesi upacara pelantikan. Setelah acara pelantikan selesai dilanjutkan upacara penutupan perkemahan. Selanjutnya seluruh peserta kembali ke home base di SMKN 1 Bendo.

Drs. Sunarto mewakili sekolah mengucapkan banyak terimakasih atas kerjasama yang baik yang sudah terjalin selama ini antara SMKN 1 Bendo dengan Koramil 0804/13 Bendo. Kegiatan kemah dan pelantikan penegak bantara ini setiap tahun dilaksanakan dan slalu melibatkan anggota Koramil 0804/13 Bendo untuk ikut serta dalam melatih dan mendidik tentang kepramukaan khususnya kegiatan outbond. Tidak hanya pada saat pembantaraan saja kerjasama ini, Namun pada saat MOS bagi siswa baru juga anggota Koramil 0804/13 ikut membantu dalam kegiatan tersebut. (R13)

Tinggalkan Balasan