Danramil 0804 /09 Menghadiri Kegiatan Sosialisasi Penggunaan Obat Rasional Pada Masyarakat

SUKOMORO. Senin, 30 Juli 2018 Sosialisasi Penggunaan Obat Rasional Pada Masyarakat yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kab. Magetan melalui UPTD Puskesmas Kec. Sukomoro bertempat di Pendopo Kec. Sukomoro Kab. Magetan.

Kegiatan dihadiri oleh Jajaran Forkopimka Kec. Sukomoro, Petugas dari Dinkes Kab. Magetan, Kepala UPTD Puskesmas Kec. Sukomoro dr. Siswiyantining Wikanti, Para Kepala Desa di wilayah Kec. Sukomoro dan  Perwakilan penjual obat Wilayah Kec. Sukomoro.

Rangkaian kegiataannya dimulai dari Pembukaan, Menyanyikan Lagu Indonesia Raya,  Sambutan Camat Sukomoro sekaligus membuka acara,  isi sambutan antara lain sbb :

– Pagi ini dilaksanakan kegiatan sosialisasi penggunaan obat rasional semoga bermanfaat bagi kita semua, kami akan juga mensosialisasikan ke masyarakat.

– Kami bersyukur bahwa tahap demi tahap telah dilaksanakan, semoga kegiatan lebih ditingkatkan lagi.

– Bahwa obat adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan, bagi penjual agar mengikuti sesuai prosedur yang benar.

– Anak – anak sekarang ada gejolak penggunaan Narkoba, kita harus waspada, kita juga harus waspada terhadap obat yang tidak tercantum di daftar edar.

– Mudah – mudahan apa yang kita laksanakan pada hari ini dapat bermanfaat dan diridhoi Allah SWT.

– Dengan ini acara kami buka dan semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Sambutan oleh Kasi Farmakmin (Farmasi, Makanan dan Minuman) Dinas Kesehatan Kab. Magetan Sdr. Sugeng Edguari antara lain sbb :

– Kami evaluasi bahwa para penjual obat – obatan di masyarakat yang tidak resmi dan banyak masyarakat yang menggunakan obat yang tidak benar

– Ini sebagai dasar kami melaksanakan kegiatan ini, jangan sampai masyarakat terkena kasus seperti ini.

– Di tahun ini kami akan melaksanakan 9 kegiatan, semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Acara inti  Sosialisasi Drs. Hendra Samudrasono, MSi, Apt (Plt. Kepala Instalasi Farmasi Dinkes Magetan) antara lain sbb :

– Bahwa obat adalah paduan bahan yang siap digunakan untuk mempengaruhi atau menyelidiki  diagnosa keadaan tubuh.

– Nama obat harus kita kenali yaitu ada obat paten, obat generik dan obat geberik bermerk.

– Kita bisa menggunakan obat generik berlogo karena harga terjangkau, komponen utama sama dengan obat paten, obat generik memenuhi syarat quality mutu, khasiat dan keamanan yang sama dengan obat paten.

– Penggolongan obat dapat berdasarkan cara penggunaan yaitu obat luar dan obat dalam.

– Penandaan kemasan obat yaitu obat bebas warna hijau (dapat dibeli bebas tanpa resep dokter), obat bebas terbatas warna biru (obat keras dapat dibeli tanpa resep dokter), warna merah yaitu obat keras (harus dibeli dengan resep dokter) dan warna putih bertanda merah yaitu Narkotika (harus dibeli dengan resep dokter dan harus dilaporkan).

– Beberapa pencegahan untuk menghindari bahaya penggunaan obat tradisional antara lain yaitu gunaakan obat tradisional yang memiliki nomor ijin edar dari BPOM, jangan gunakan obat tradisional dengan obat kimia.

– Untuk itu kami mohon berhati – hati dalam mengkonsumsi obat, semoga kegiatan ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

Tinggalkan Balasan