Kodim 0804/Magetan Gelar Upacara Peringatan HUT RI Ke 73

Magetan – Dalam rangka peringatan HUT RI ke 73 Kodim 0804/Magetan melaksanakan upacara bendera 17 Agustus 2018 bertempat di lapangan makodim 0804/Magetan. Bertindak selaku Inspektur  upacara Dandim 0804/Magetan Letkol Arm Heri Bayu Widiatmoko dan diikuti oleh Prajurit dan ASN Kodim 0804 dan anggota Minvet Magetan. Jum’at/17/8/2018.

Dalam amanatnya Kasad Jendral TNI Mulyono yang dibacakan oleh Dandim 0804/Magetan menyampaikan upacara yang kita laksanakan setiap tahun ini sepatutnya menjadi momen- momen istimewa yang membawa kita kembali untuk flash back pada sejarah kemerdekaan Bangsa Indonesia puluhan tahun silam. Saat bapak pendiri Bangsa kita Soekarno dan Muhammad Hatta memproklamirkan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, sesungguhnya kedua tokoh nasional tersebut memberikan pelajaran bagi kita bahwa untuk menghadapi berbagai tantangan kita harus mengedepankan langkah-langkah konkrit, tidak harus menunggu momen- momen yang sempurna. Proklamasi kemerdekaan Bangsa Indonesia berlangsung di tengah kekacauan akibat adanya kekosongan kekuasaan (Vacuum of power) di mana proses penyerahan tanpa syarat Penjajah Jepang kepada Sekutu  belum secara  tuntas  diselenggarakan.

Kelompok-kelompok Pemuda mengambil inisiatif mendesak Soekarno-Hatta agar segera mendeklarasikan kemerdekaan tanpa menunggu janji kemerdekaan dari Penjajah. Sebuah keputusan yang berani namun mengandung nilai luhur perjuangan yang sangat prinsipil, yaitu kemerdekaan dengan kekuatan sendiri. Inilah salah satu tonggak sejarah yang menunjukkan watak dasar Bangsa Indonesia sebagai Bangsa pejuang yang memiliki tekad yang kuat untuk memperjuangkan kepentingan Bangsanya dengan kekuatan sendiri.

Tidak ada klaim bahwa kemerdekaan itu diraih berkat jasa sekelompok orang, karena para pejuang saat itu tidak mengenal pertentangan SARA. Semuanya bersatu, rela berkorban demi satu tujuan, lepas dari penjajahan yang menyengsarakan rakyat dan seluruh Bangsa Indonesia. Tekad dan semangat tersebut demikian kuatnya, hingga pasukan Sekutu yang berjaya pada Perang Dunia Kedua pun tidak mampu menghalau kekuatan para pejuang kita saat itu.

Dari sejarah tersebut, sudah sepatutnya pada upacara yang khidmat ini, kita menundukkan kepala sejenak untuk merenungkan semua perjuangan dan pengorbanan  yang telah diberikan para pahlawan kita, serta memberikan penghormatan atas segala perjuangan dan pengorbanan mereka kepada Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Marilah kita berdoa semoga cita-cita dan semangat perjuangan mereka dapat diteruskan oleh kita dan anak cucu penerus kita guna menghadapi tantangan dan hambatan yang tengah dan akan dihadapi oleh Bangsa Indonesia saat ini.

Momen peringatan Hari Kemerdekaan Republik  Indonesia  ini  adalah kesempatan yang sangat baik kita untuk melaksanakan evaluasi terhadap eksistensi  Bangsa  Indonesia  saat  ini, serta berintrospeksi atas karya apa yang telah kita dedikasikan untuk menjaga eksistensi tersebut.

Pada peringatan Hari Ulang Tahun ke-73 Republik Indonesia ini kita mengambil tema   Kerja    Kita,    Prestasi    Kita Sesuai dengan tema tersebut saya berharap agar semangat untuk bekerja dan tekad kuat untuk terus berprestasi dapat  diaplikasikan  ke  seluruh  prajurit dan   PNS   TNI   AD   dalam   kehidupan sehari-hari melalui peningkatan kinerja dan profesionalisme. Tentunya prestasi kerja tersebut hanya bisa dicapai dengan berdisiplin, bersikap jujur, bekerja dengan sungguh-sungguh dan penuh keihklasan. Kesungguhan untuk mencapai prestasi merupakan wujud nyata rasa syukur kita kepada Tuhan atas anugerah kemerdekaan  ini,  sekaligus penghormatan dan penghargaan kita kepada para pahlawan yang telah mempersembahkan jiwa dan raganya kepada Bangsa ini. “tegasnya”

Upacara peringatan HUT RI ke 73 yang diselenggarakan Kodim 0804 Magetan tersebut berjalan dengan hikmat hingga upacara selesai.

 

Tinggalkan Balasan