Anggota Koramil 0804/13 Bendo Melatih Tata Upacara Sekolah Di SMPN 1 Bendo

Magetan, Tata Upacara Bendera atau Susunan Upacara Bendera di Sekolah sendiri sebenarnya sudah diatur oleh pemerintah, yang disebut Tata Upacara Sekolah (TUS). Tata Upacara tersebut diatur dalam buku Petunjuk Pelaksanaan Upacara Bendera di Sekolah Tahun 1997 (Depdiknas). Namun untuk menyamakan gerakan maupun melatih gerakan yang bagus dan benar perlu di adakan gladi atau latihan terlebih dahulu.sebelum melaksanakan Upacara Bendera. Oleh karena itu anggota Koramil 0804-13/ Bendo melatih para Petugas Upacara dan susunan pasukan upacara di SMPN 1 Bendo Kabupaten Magetan. (Senin, 17/09/18)

Sejak zaman nenek moyang bangsa Indonesia telah melaksanakan upacara, seperti upacara selamatan kelahiran, upacara selamatan panen. Oleh karena itu di sekolah-sekolah wajib diadakan Upacara Bendera, baik itu Upacara Penaikan maupun Penurunan Bendera. Dasar hukum diadakannya Upacara Bendera di sekolah itu sendiri dilandasi oleh Pancasila, UUD 1945 (tentang Sistem Pendidikan Nasional) dan Inpres No. 14 tahun 1981 (tentang Urutan Upacara Bendera).

Pagi ini anggota Koramil 0804-13/ Bendo ada 6 orang yang terlibat dalam melatih Petugas Upacara tersebut yang di pimpin Babinsa Kelurahan Bendo Pelda Sutoyo. Dalam pelatihan ini diajarkan tata cara Penaikan Bendera yang benar oleh petugas Pengibar Bendera. Serta diajarkan pula posisi pembaca UUD 1945 dan janji siswa. Begitu juga posisi petugas-petugas yang lain ditempatkan pada posisinya begitu juga susunan Pasukan Upacara dibuat sedemikian rupa sesuai dengan TUS sehingga pelaksanaan Upacara dapat berjalan dengan tertib dan hikmat.

Drs. Jaini sebagai Kepala Sekolah SMPN 1 Bendo mengucapkan terima kasih kepada Bapak Danramil 0804-13/Bendo dan anggota yang sudah hadir di SMPN 1 Bendo untuk memberikan pelatihan kepada petugas Upacara. Sehingga pelaksanaan Upacara Bendera hari senin tanggal 17 ini dapat berjalan dengan tertib dan hikmat. Kedepan harapan dari kami, mohon tetap dijaga hubungan yang berjalan dengan baik ini untuk membentuk karakter anak-anak kita menjadi anak yang sholeh, cerdas dan beraklak yang baik. Demi kelangsungan dan kemajuan NKRI. (R13)

Tinggalkan Balasan