Danramil 0804/09 Sukomoro Berikan Pembinaan Linmas Ds Tambakmas

Magetan,  Sebagai upaya peningkatan peran serta Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas), menggelar acara pembinaan bagi anggota Linmas, Selasa (25/09/2018). Pelatihan ini untuk memberikan pemahaman tentang tugas dan fungsi Linmas.

Pembinaan dan pemberdayaan Linmas digelar di Pendopo Kencono Agung Desa Tambakmas mulai pukul 08.30 WIB. Sebanyak 30 orang anggota Linmas dari desa Tambakmas Kecamatan Sukomoro mengikuti acara tersebut.

“Kegiatan pembinaan dan pemberdayaan Satlinmas yang diikuti Linmas ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada anggota tentang tugas dan fungsi Linmas, Arahan Camat Sukomoro Drs Irianto ada 3 hal yang harus linmas ketahui yaitu paham akan tugas, hak dan kwajibannya.

Pada kesempatan ini, Danramil 0804/09 Sukomoro Kapten Inf Efendi Santoso dalam paparan materinya menyampaikan, Satlinmas adalah Satuan Perlindungan Masyarakat Desa yang mempunyai tugas mendukung penanganan ketenteraman, ketertiban, dan keamanan penyelenggaraan Pemilu. Serta membantu upaya Pertahanan negara.

“Selain itu, juga bertugas melaksanakan perlindungan masyarakat dalam rangka penanggulangan dan penanganan pengungsi, membantu aparat pemerintah dalam pemeliharaan keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat, serta membantu kegiatan sosial kemasyarakatan di Desa atau Kelurahan,” jelas Kapten Inf Efendi S.

Selain itu, lanjutnya, Satlinmas juga mempunyai beberapa fungsi, yakni membantu memelihara dan meningkatan kondisi serta tata tertib di kalangan masyarakat, membantu masyarakat menanggulangi dan mengurangi akibat yang ditimbulkan oleh gangguan keamanan dan bencana alam yang dapat mengakibatkan kerugian jiwa.

“Membantu membina masyarakat untuk mempertinggikan kesadaran hukum, daya tahan serta daya lawan masyarakat dalam mencegah dan menghadapi segala macam pelanggaran dan kejahatan,” imbuhnya.

Ada pun tugas Satlinmas yang lain, sebagaimana disampaikan oleh Danramil 0804/09 Sukomoro yakni membantu pemerintah daerah, kepolisian dalam harkamtibmas, perbantuan kepada TNI dalam upaya pertahanan negara, dan perbantuan dalam kegiatan sosial kemasyarakatan di Desa atau Kelurahan.

Selain menyampaikan tugas dan fungsi Linmas,  juga kembali memberikan sosialisasi mengenai aplikasi modern . “Dari kita mempunyai CAS, yang mana adalah aplikasi untuk menunjang kecepatan laporan dari warga masyarakat, itu pun dapat digunakan Linmas dalam menunjang tugasnya,” pungkas Kapten inf Efendi Santoso

Kegiatan pelatihan berjalan dengan tertib, seluruh peserta tampak antusias dan serius dalam mengikuti pelatihan tersebut. ( By R.09 )

Tinggalkan Balasan