Magetan PARANG, Babinsa Desa Pragak Serda M Lutfi bersama Babinkamtibmas menghadiri acara tradisi dan budaya Sedekah Bumi dan bersih-bersih desa betempat di Makam Leluhur pejuang pendiri desa pragak Kec. Parang  dengan menggelar Doa dan Seni Budaya Tayub (29/9/2018).

 

Kegiatan melestarikan seni tayub/gambyong  dan sedekah Bumi merupakan ungkapan rasa syukur kepada tuhan atas berkah hasil panen yang melimpah dan juga kegiatan ini bertujuan untuk memohon perlindungan dari hal-hal yang tidak diinginkan selain itu Bersih Desa dan Sedekah Bumi juga bertujuan untuk memohon berkat agar hasil panen berikutnya dapat melimpah.

 

Tutur Babinsa Desa Pragak Serda M Lutfi bahwa, acara adat seperti ini adalah untuk melestarikan nilai-nilai luhur budaya dari nenek moyang masih terjaga sampai detik ini. Salah satu acara budaya yang masih dilestarikan adalah Upacara Adat Doa bersama dan sedekah makanan atau disebut dengan Selamatan yang dilanjutkan dengan pagelaran seni budaya jawa tari tayub atau Gambyong yang digelar setiap bulan suro.

 

Sedekah makan dan berdoa bersama yang dilanjutkan dengan sedi dan budaya tarian tayub diadakan sebagai ucapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan berkah yang telah diberikan Tuhan selama setahun yang lalu. Selamatan yang dilanjutkan tarian tayub adalah upacara syukur memasuki tahun baru Islam 1440 Hijriyah pungkasnya.

 

Tari Tayub atau tari Gambyong tidak hanya digelar di Kecamatan Parang saja tapi dikabupaten Magetan banyak Desa yang menyelengarakan acara seperti ini.

 

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Desa Pragak Bpk Supeni beserta perangkat Desa,Babinsa Desa Pragak Serda M Lutfi, para tokoh Agama Tokoh Adat Tokoh Pemuda dan Masyarakat Desa Pragak dan sekitarnya.( R 04 )

Tinggalkan Balasan