Danramil 0804/04 Parang Menghadiri Sosialisasi Teknologi Produksi Benih Jagung Hibrida Nasa 29

Magetan, Danramil 0804/04 Parang Kptn Inf Gunawan menghadiri Sosialisasi Tknologi Produksi Benih Jagung Hibrida Nasa 29 di lahan Sawah Milik Madyarakat Desa Krajan Kec.Parang Kab Magetan.03/10/2018.

Hadir dalam kegiatan Sosialisasi diantaranya Bupati Magetan Drs Suprawoto,Kadinas TPHPKP Drs Edi S,Ketua DPR Magetan yang dihadiri Bpk Putut,Kepala Balit Sereal Drs Bahtiar,Forkopimca Parang dan para Kapoktan sekecamatan Parang jumlah kurang lebih 100 orang.

Ketua Panitia penyelengara Sosialisasi, Prof Doktor Subandi  membuka secara resmi Sosialisasi Kegiatana Teknologi Produksi Benih dan Optimasi Produktifitas Jagung Hibrida Nakula Sadewa (NASA) 29 menggunakan Teknologi Jarwo Super di lahan sawah milik masyarakat Desa Krajan.

Kegiatan berlangsung dengan jumlah peserta kurang lebih100 orang terdiri dari para Ketua Kelompok Tani sekecamatan Parang  dan tamu undangan.

Ketua Panitia Pelaksana dalam laporannya mengatakan bahwa Perakitan varietas jagung unggul nasional bukan hanya diarahkan pada hasil biji yang tinggi, tetapi juga untuk mendukung program diverifikasi pangan yang tengah digalakkan oleh pemerintah. Dan jagung merupakan bahan pangan utama setelah padi karena mengandung nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

Kepala Balit Sereal Drs Bahtiar dalam arahannya mengatakan bahwa keuanggulan dari Jagung Hibrida NASA 29 ini ukuran biji yang besar dengan daya tancap yang dalam serta jenggel yang kecil dan keras sehingga rendemennya tinggi dan mudah dipipil. Ukuran tongkol juga besar dan panjang serta stay green sehingga sangat disukai oleh petani jagung karena batang dan daun bagian atas tongkol dapat dimanfaatkan sebagai pakan hijauan ternak. Beliau menambahkan bahwa dengan kegiatan ini diharapkan agar Kecamatan Parang pada umumnya dan Desa Krajsn pada Khususnya menjadi percontohan untuk perkembangan Jagung di Kab Magetan.

Bupati Magetan Drs Suprawoto pada kesempatan yang sama mengatakan bahwa jagung merupakan salah satu produksi unggul di Kab.Magetan karena cukup besar, untuk itu beliau atas nama Pemerintah Kab Magetan mengapresiasi kegiatan ini karena dapat mendorong produksi Jagung yang lebih baik di Kab. Magetan  karena jenis NASA 29 memiliki umur panen 100 HST dengan warna biji kuning-oranye. Potensi hasil maksimal bisa mencapai 13,5 t/ha. Selain potensi hasil yang tinggi, jagung ini memiliki ketahanan terhadap penyakit bulai, karat, dan hawar beliau berharap dengan keunggulan ini produksi Jagung di Kab Magetan dapat berkembang dan Magetan menjadi daeerah yang swasembada jagung.( R 04 )

Tinggalkan Balasan