Koramil 0804/04 Parang Babinsa Desa Joketro Dampingi Pemberian Vaksin Difteri

Magetan, Koramil 0804/04 Parang, Babinsa Desa Joketro Sertu Sunaryo turut mendampingi petugas Puskesmas Parang dalam pemberian Vaksin Ori Difteri dan Penyuluhan Kesehatan Jiwa di Dukuh Ngasinan Desa Joketro Kec. Parang, Kab. Magetan. Sabtu/17/11/2018.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Penyuluh kesehatan dari Puskesmas Parang Bpk. Mujiono, Bidan Desa Joketro Bidan Nanik, bidan  Ririn, Babinsa Desa Joketr Srt Sunaryo, PLKB Desa Joketro Bpk Kasman, Ibu Ibu Pengurus Posyandu Dukuh Ngasinan, Jumlah yang hadir dalam kegiatan tersebut -+ 40 orang.

Bidan Desa Joketro Bidan Nanik di dampingi Babinsa menjelaskan pemberian vaksin tahap I bertujuan membangkitkan daya-tahan tubuh anak-anak terhadap kuman, sementara tahap II memperkuat daya-tahan tubuh, yang lalu dituntaskan kekuatan daya-tahan tubuhnya dengan pemberian vaksin di tahap III.

“Bila melaksanakan pemberian vaksin hanya satu kali, semisal khawatir anak demam dan lain-lain alasan, maka vaksin yang diberikan tidak akan memberi dampak daya-tahan tubuh anak yang baik, tentunya akan mudah terserang bakteri,” imbuh Bidan Nanik.

Sementara, Sertu Sunaryo mengungkapkan, akan mendukung sepenuhnya pelaksanaan kegiatan imunisasi pemberian Difteri di wilayah Desa Joketro Kec. Parang.  “Kita akan mendukung sepenuhnya Tim Medis dari Puskesmas dalam pelaksanaan imunisasi Difteri, ini bagian dari pembinaan wilayah dalam membangun manusia Indonesia yang sehat, butuh dukungan lintas sektor yang ada di wilayah”, tegasnya.

Pada kesempatan itu Petugas Pukesmas parang Bpk Mujiono menjelaskan memelihara kesehatan jiwa sama pentingnya dengan menjaga kesehatan fisik. Satu hal yang bisa Anda renungkan, penyembuhan pada gangguan fisik jauh lebih cepat daripada gangguan jiwa. Karenanya, jagalah agar kesehatan jiwa Anda tetap stabil.

Kemampuan dalam menyeimbangkan hidup, terutama membagi waktu antara pekerjaan, keluarga, teman, dan untuk diri sendiri, pada dasarnya turut memberi dampak kepada kesehatan jiwa secara umum.

Meski begitu, faktor kesehatan pikiran juga tidak kalah penting. Jika tubuh memerlukan makanan bernutrisi untuk menjaga kesehatan, maka pikiran juga membutuhkan ‘asupan bergizi’ agar Anda selalu merasa semangat, tenang, dan damai dalam menjalani hidup.

Berbeda dengan sesuatu yang kita kunyah dan telan, ‘makanan’ untuk menyehatkan pikiran dan jiwa tidak berbentuk bahan-bahan makanan yang diolah di dalam metabolisme tubuh. kita dapat menyimak asupan bagi pikiran demi menunjang kesehatan jiwa antara lain Lakukan sesuatu dengan perasaan senang, Mensyukuri semua yang kita miliki, Tertawa lepas tanpa harus ada yang lucu, Memberikan apresiasi kepada hal-hal kecil, Mencintai diri sendiri dan orang lain, Sesibuk Apa Pun kita, Pekerjaan Tetap Bukanlah Segala-galanya, Membagi waktu antara pekerjaan dan keluarga, Hentikan kebiasaan menyia-nyiakan waktu dan Delegasikan pekerjaan kita. “terangnya” (R.04)

 

 

Tinggalkan Balasan