Magetan – Danramil 0804/07 Karangrejo Kapten Inf Arif W mengikuti Rakor penetapan/pengesahan APBDes tentang pengelolaan keuangan desa yang meliputi asal usul anggaran pendapatan dan belanja desa tahun anggaran 2020 yang dihadiri oleh Camat Karas Drs. Arif Ridwan, MM, Danramil 0804/07 Karangrejo Kapten Inf Arif W Kapolsek Karas AKP Santoso, Danpos Karas Pelda Eka aAdri P, Kepala desa Botok Bpk. Sungkono, Babinsa desa Botok, Babinkamtibmas desa Botok, Ketua dan anggota BPD desa Botok, Perangkat desa dan warga masyarakat desa Botok sekitar 50 orang.

Pembacaan hasil Penetapan / Pengesahan APBDES desa Botok disampaikan langsung oleh Kades Botok Bpk Sungkono sebagai Ketua Penyelenggara, APBDES berasal dari ADD dan hasil pendapatan asli desa, hasil usaha, aset desa, dana desa juga termasuk dalam penjelasan anggaran pendapatan dan belanja desa, dalam penetapan APBDES yang dilaksanakan dibalai desa Botok Kec. Karas kab. Magetan.

APBDES merupakan sarana komunikasi yang dilakukan oleh desa tersebut guna penetapan dan pengendalian dana Negara yang telah diberikan kewenangannya untuk mengelola aset-aset local dan kewenangan local yang berskala desa untuk kemajuan desa tersebut yang termasuk didalamnya Hasil Usaha Tanah Kas Desa, hasil aset desa, swadaya partisipasi dan gotong royong. Sedangkan untuk pengeluaran yang dilakukan / dikerjakan meliputi Belanja barang, honor pelaksana kegiatan, belanja makan minum dalam rapat, belanja jasa, modal kegiatan RT/RW, honor tenaga ahli dan transport anggota seminar, belanja pelaporan dibidang pelaksanaan pembangunan berupa belanja barang, honor pelaksana, belanja matrial dll.
APBDES yang dilaksanakan TA. 2020 dapat dibilang lancar dengan perincian yang jelas sesuai dengan dana pendapatan dan pengeluaran yang diberikan Negara guna pengelolaan untuk memajukan desa Botok sehingga ditetapkan APBDES TA. 2020 sesuai dengan yang diinginkan sehingga pelaksanaan penetapan APBDES berjalan lancar tertib dan aman tanpa ada protes atau usulan dari peserta rapat sekalian. (tsr/R.07)

Tinggalkan Balasan