Magetan, Komandan Koramil 0804/01 Magetan Kapten Infanteri Kiswanto S.E memerintahkan anggota untuk melatih dan membentuk karakter SD Muhamadiyah 1 Magetan.

Dalam pelaksanaan ini anggota Koramil Magetan yang melatih antara lain Sertu Dasimin Babinsa Kelurahan Magetan ,Serka Nyamin dan Sertu Harun.

Latihan Dasar Kepemimpinan / LDK adalah sebuah pelatihan dasar tentang segala hal yang berkaitan dengan kepemimpinan. Program LDK telah dilaksanakan 2 kali ini yang bertemakan ‘Membentuk Kader Pemimpin Bangsa yang Berjiwa Islami’. Pelatihan ini diberikan untuk Pengurus Kelas khususnya Ketua dan wakil ketua. Pelatihan dasar yang diberikan ini bertujuan untuk memberikan bekal Kepemimpinan kepada Pengurus Kelas baru yang nantinya akan menjadi pemimpin Kelas yang bersangkutan.

Dalam kegiatan LDK ini Sertu Dasimin bermaksud memberikan shock therapy kepada para siswa. Selain diberikan bekal materi yang paling menarik adalah praktiknya dilapangan. Apakah jiwa kepemimpinannya muncul atau tidak ketika diberikan beberapa kasus kecil. Sehingga setiap kesalahan yang dilakukan oleh para siswa pasti akan selalu di permasalahkan oleh Serka Nyamin dan diadakan pembetulan. Karena kalau tidak dibetulkan akan terbiasa melakukan kesalahan dan berdampak tidak baik.

Hal ini dilakukan tentu saja bukan tanpa alasan. Sertu Dasimin ingin melihat sejauh mana daya kritis dan cara berpikir siswa ketika berada dalam tekanan. Menjadi seorang pemimpin tentu saja harus tegas, tangkas dan mampu mengambil segala resiko dalam situasi terdesak sekalipun.

Dalam kegiatan ini juga dilatih baris berbaris. Untuk membentuk kedisiplinan para peserta.Selain itu juga diajarkan untuk memimpin peserta yang lain. Diantaranya satu orang peserta memberikan aba aba dalam latihan baris berbaris kepada teman temannya.Agar nantinya bisa menjadi seorang pemimpin yang tegas dan bertanggung jawab.

Sertu Dasimin mengajak para peserta untuk melaksanakan dan menerapkan latihan ini dalam kegiatan sehari-hari.Untuk membiasakan diri sebagai pemimpin yang bertanggung jawab.

Dari pihak sekolahan, khususnya bidang kesiswaan ibu Yusi Ariyanti Arifin ST mengucapkan terimakasih kepada Koramil 0804/01 Magetan yang telah melatih murud-muridnya untuk melatih menjadi pemimpin. TsrR01

Tinggalkan Balasan