Magetan –  Untuk proses pengujian kehadiran kanker serviks pada wanita adalah dengan cara Pap Smear. Ini sangat penting guna mendeteksi dini kanker serviks, sehingga untuk pengobatan sejak pra kanker jadi peluang kesembuhan menjadi lebih besar. Oleh sebab itu Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) Kecamatan Nguntoronadi bekerja sama dengan Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (PPKB) dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kabupaten Magetan mengadakan kegiatan sosialisasi Pap Smear  kepada masyarakat Kecamatan Nguntoronadi, Jum’at ( 08/02/19 ).

Babinsa Desa Ngutoronadi Serda Jumadi  mengatakan Sosialisasi pap smear ini sangat bermanfaat sehigga para wanita dapat mengetahui serta dapat mendeteksi perubahan sel-sel leher rahim wanita yang kemungkinan dapat berubah menjadi kanker di masa depan. Mendeteksi sel abnormal sejak dini dengan melakukan tes Pap smear merupakan langkah pertama bagi wanita dalam menghentikan kemungkinan perkembangan kanker serviks.

Kegiatan Sosialisasi Pap Smear yang dilaksanakan di Balai Penyuluh Keluarga Berencana Kecamatan Nguntoronadi ini diikuti oleh perwakilan masing-masing desa 10 orang. Sedangkan Kecamatan Nguntoronadi ada 9 Desa, jadi kesuluruhan peserta yang ikut Sosialisasi Pap Smear ada 90 orang. Kegiatan sosialisasi ini dimulai pukul 08.00 wib hingga selesai pukul 10.00 wib. “ungkap Serda Jumadi“

Koordinator Penyuluh Keluarga Berencana Kecamatan Nguntoronadi mengucapkan terima kasih kepada Babinsa Desa Ngutoronadi Serda Jumadi anggota Koramil 0804/11 Takeran yang sudah ikut serta membantu dalam pelaksanaan Sosialisasi Pap Smear ini. Kegiatan ini merupakan kerjasama lintas sektor yang sering dilaksanakan antara Penyuluh Keluarga Berencana Kecamatan Nguntoronadi dengan Koramil 0804/11Takeran diantaranya pada saat kegiatan MOP maupun MOW yang sudah rutin dilaksanakan. (R.11)

Tinggalkan Balasan