Pengukuhan Saka Wira Kartika Kodim 0804/Magetan

Magetan – Saka Wira Kartika merupakan wadah kegiatan Pramuka bagi para pelajar setingkat SLTA di bawah pembinaan TNI-AD, sebagai pelaksana pembinaan di wilayah, pembinaan Saka Wira Kartika dilaksanakan oleh Kodim, Saka Wira Kartika bertujuan  membina dan membentuk generasi muda bangsa Indonesia berkepribadian, berakhlak mulia, disiplin, terampil dan berjiwa kesatria serta memiliki rasa cinta tanah air yang berlandaskan Bhinneka Tunggal Ika dengan semangat Bela Negara.

Kodim 0804/Magetan sebagai satuan kewilayahan setiap tahunnya menyelenggarakan pengukuhan dan pembinaan anggota baru Saka Wira Kartika diikuti oleh ratusan pelajar berasal dari sekolah setingkat SLTA yang ada di Kab. Magetan. Pada Pengukuhan kali ini dilaksanakan di lapangan Desa Blaran Kec. Barat kab. Magetan. Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari ini dibuka secara resmi oleh Dandim 0804/Magetan yang diwakili oleh Pasiter Kodim 0804 Kapten Inf Misran. Sabtu/23/2/2019.

Dalam amanatnya Kapten Inf Misran mengatakan  adik-adik calon anggota Saka Wira Kartika Kodim 0804/Magetan, hendaknya memahami bahwa Saka Wira Kartika itu adalah wadah kegiatan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk meningkatkan kesadaran bela negara melalui pengetahuan dan keterampilan di bidang matra darat. Membentuk patriot bangsa yang setia, berbakti, dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa serta tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Lebih lanjut, Kapten Inf Misran berharap, nantinya para anggota Saka Wira Kartika yang baru diharapkan mampu menyerap dan menularkan ilmu yang telah didapatkan sekaligus menjadi kader yang memiliki watak dan jiwa Patriotisme, Integritas, Moralitas dan Ketrampilan sebagai Kader Bangsa. Juga bisa membina mendidik saka wira kartika secara berkelanjutan. “tegasnya”

Ia juga berpesan kepada peserta Orientasi baik pelaku maupun Pembina dan Pelatih Saka Wira Kartika Kodim 0804/Magetan agar mengikuti kegiatan ini dengan serius dan sungguh – sungguh dengan mengutamakan faktor keselamatan dan keamanan personil.

Tinggalkan Balasan