Babinsa Koramil 0804/07 Karangrejo dan Karas bermitra dengan Petani Demi Mendukung Ketahanan Pangan Nasional

Magetan, Babinsa Koramil 0804/07 Karangrejo selain melaksanakan tugas pokoknya sebagai Babinsa, Juga  melaksanakan pendampingan kepada para petani dalam rangka mensukseskan program swasembada pangan oleh pemerintah yang sudah ada MOU antara pemerintah yang membidangi dengan TNI. Dalam pendampingan Serda Linarto  yang menjabat sebagai Babinsa Desa Ginuk selalu bersinergi ikut serta dalam kegiatan petani baik disawah maupun kegiatan yang berkautan dengan pertanian yang selalu di musyawarakan oleh para anggota kelompok tani yang dipimpin oleh Bapak Mulyono Poktan Pakisaji Desa Ginuk Kecamatan Karas.

Pemerintah dalam mewujudkan swasembada pangan tidak dapat  melakukannya sendiri, namun butuh bantuan berupa partisipasi aktif semua elemen di masyarakat atau desa . Begitu juga pelibatan TNI dalam pendampingan swasembada pangan ini. Babinsa melaksanakan pendampingan kepada para petani mulai dari pengolahan lahan, pembibitan, tanam, penyiangan, pemupukan dan penyemprotan hama serta ikut dalam pendampingan panen padi.

Dalam mewujudkan program pemerintah ini tidak sepenuhnya dapat berjalan dengan mudah karena harus menghadapi beberapa kendala yang bersifat klasik. Contohnya masih terjadi ketimpangan pusat produksi pertanian sangat besar. Hampir 40% dari luas persawahan yang ada diwilayah indonesia terkonsentrasi di Pulau jawa.

Untuk mengatasi permasalahan -permasalahan diatas perlu adanya kerjasama antar elemen masyarakat untuk mewujudkan swasembada pangan tersebut, Salah satunya mengajak peran TNI dalam pendampingan tanam padi ini. Dengan adanya peran TNI khususnya Babinsa yang ada diwilayah diharapkan permasalahan -permasalahan yang dihadapi para petani  segera bisa diatasi, tutur Babinsa Ds  Ginuk dihadapan para anggota kelompok tani.  ( TSR/R. 07 ).

Tinggalkan Balasan