Magetan, Sesuai dengan peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 42 tahun 2017 tentang Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) disebutkan bahwa satuan perlindungan masyarakat yang selanjutnya disebut satlinmas adalah warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta ketrampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana serta ikut memelihara keamanan, ketentraman, ketertiban masyarakat dan kegiatan sosial masyarakat. Atas dasar diatas maka Bati Komsos Koramil 0804-13/ Bendo memberi pembekalan pengetahuan dan ketrampilan kepada anggota satlinmas Desa Tanjung tentang penanganan bencana dan persiapan pengamanan pemilu yang dilaksanakan di Balai Desa Tanjung Kecamatan Bendo Kabupaten Magetan. (Senin, 18/03/19)

Dalam kegiatan pelatihan tersebut dihadiri oleh Forkopimca Bendo sebagai Narasumber antara lain Camat Bendo Drs. Kun Ihwan Hidayat, MSi, Danramil 0804-13/ Bendo diwakili Bati Komsos Pelda Budianto, Kapolsek Bendo AKP Endang Wahyuni, SH. Kepala Desa Tanjung Tatang Setiawan, ST. dan perangkatnya, Babinsa Sertu Jayadi, Babinkamtibmas Brigadir Eko Prasetyo dan anggota Satlinmas yang berjumlah 30 orang.

Sebelum materi inti para peserta pelatihan diberi materi baris berbaris, Materi ini diberikan bertujuan agar para anggota satlinmas Desa Tanjung mempunyai sikap jasmani yang tegap, tangkas, disiplin serta dapat menumbuhkan jiwa yang bertanggungjawab. Ini merupakan bekal dasar dalam melaksanakan tugas-tugasnya sebagai anggota satlinmas, terutama pada saat penanganan bencana yang perlu fisik prima serta rasa tanggungjawab dari masing-masing anggota linmas, bahwa tugas ini adalah panggilan jiwa bersifat sukarela demi kemanusiaan. Serta untuk mempersiapkan diri dalam pengamanan Pemilu serentak yang akan dilaksanakan pada 17 april 2019.

Bati Komsos Koramil 0804-13/ Bendo Pelda Budianto sebagai Narasumber menyampaikan Bahwa tugas Satlinmas apabila tidak terjadi bencana alam yaitu ikut serta dalam memelihara keamanan, ketertiban dan ketentraman masyarakat, terutama masyarakat Desa Tanjung itu sendiri serta ikut membatu menjaga keamanan dan ketertiban pada saat pemilu serentak nanti. Apabila terjadi bencana maka tugas Satlinmas ikut serta dalam penanggulangan bencana untuk memperkecil dan mengurangi kerugian yang diakibatkan oleh bencana dengan cara ikut serta dalam menyelamatkan warga yang terdampak bencana, serta ikut membantu evakuasi korban ketempat pengungsian atau ke rumah sakit. Dalam pelaksanaan tugas, Satlinmas slalu mengkoordinasikan dengan perangkat desa serta koordinasi dengan Babinsa dan Babinkamtibmas Desa Tanjung agar setiap permasalahan yang timbul segera teratasi dan tidak meluas dan berdampak pada kerugian baik personel maupun materiil. Serta harapan kita bersama supaya Pemilu yang akan datang berjalan dengan tertib, jujur dan adil serta aman tidak terjadi gangguan stabilitas keamanan sekecil apapun.

Kepala Desa Tanjung sangat berterima kasih banyak kepada Forkopimca Bendo yang sudah memberikan pembekalan pengetahuan dan ketrampilan kepada anggota Satlinmas kami, baik dalam soal pengamanan pemilu, latihan baris berbaris maupun soal penanganan bencana apabila terjadi bencana alam diwilayah kita, karena sekarang ini lagi musim hujan dan sering disertai angin kencang, Diharapkan pelatihan seperti ini dapat rutin dilaksanakan agar para anggota satlinmas, khususnya satlinmas Desa Tanjung mendapat ilmu baru serta adannya pencerahan kembali dari ilmu-ilmu yang sudah mereka dapatkan. (R13)

Tinggalkan Balasan