Orang Tua Asuh Tmmd, Wujud Kemanunggalan Tni Dan Rakyat

Magetan, Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 Kodim 0804/Magetan, tidak hanya membantu pemerintah dalam hal percepatan pembangunan di segala bidang, namun juga selayaknya keluarga, menghadirkan kehangatan dan kebahagiaan serta kegembiraan bagi masyarakat bersama prajurit TNI.

Agar dapat terbangun hubungan emosional yang kuat dan saling memiliki antara para peserta Satgas TMMD Ke- 104 dengan masyarakat, khususnya dari jajaran TNI di intruksikan untuk tinggal dirumah warga setempat, ungkap Dansatgas TMMD 104 Letkol Czi Chotman Jumaey Arisandy SE, kepada penerangan Kodim 0804. Senin (18/03/2019). Mereka juga diharuskan beraktivitas seperti biasa dan berinteraksi dengan orang tua angkat layak nya seperti Orang tua Kandung yang lebih intens guna memudahkan koordinasi, ujarnya.

Seperti halnya terlihat di salah satu rumah yang ditinggali personel TNI Manunggal Membangun Desa, setiap harinya tetap membersihkan halaman rumah orangtua asuh. Bersih-bersih yang dilakukan prajurit TNI ini dilaksanakan sebelum apel pagi dan selesai kegiatan. Selain membersihkan pekarangan rumah, anggota satgas TMMD juga ada yang membantu ibu asuh memasak di dapur, mencuci piring dan mengantar anak-anak sekolah serta membantu kegiatan panen di keluarga tersebut, katanya. Dirinya berharap, dengan mengedepankan semangat gotong royong dan kerakyatan, Satgas yang terdiri dari personel TNI dan beberapa instansi dan komponen lainnya, diharapkan bisa membaur dan menyatu dengan rakyat.

TNI Manunggal Membangun desa ini, banyak manfaatnya. Selain mendukung pemerataan pembangunan dan mensejahterakan rakyat kecil, program ini juga untuk bekal prajurit berinteraksi lebih akrab dengan rakyat. Karena sejatinya, TNI tidak bisa dipisahkan dari rakyat yang merupakan ibu kandungnya, terangnya. Salah satu pemilik rumah yang ditempati anggota TNI ini,  mengungkapkan rasa senang dan bersyukur bisa saling kenal, makan bersama sehingga menambah kekeluargaan dengan tentara. Warga tersebut juga merasa terharu, meski rumah yang ditempatinya tidak begitu besar dan sangat sederhana, namun bisa menampung anggota tentara yang sedang TMMD. (tsr).

Tinggalkan Balasan