Program Tambahan TMMD : Bersama Warga Tanam Penghijauan Di Lokasi Kanan Kiri Jalan Desa Poncol

Magetan – Program penghijauan yang dilakukan Satgas TMMD ke-104 Kodim 0804/Magetan dan BPBD Kab. Magetan di lokasi sasaran fisik di Dusun Wonosari Desa Poncol Kecamatan Poncol dan Kab. Magetan, salah satunya bertujuan untuk menjaga keseimbangan ekosistem alam.

Dengan adanya penanaman pohon pada titik-titik lokasi yang tepat, diharapkan dapat mengurangi efek dari kerusakan alam, sehingga kestabilan alam dapat terjaga.

Oleh karena itu, melalui kegiatan TMMD Ke-104 ini, perlu dilakukan program penghijauan guna mencegah terjadinya bencana alam, baik itu banjir dan tanah longsor, sekaligus memberikan pemandangan yang hijau di Desa Poncol. Sabtu(2/3/2019)

Selaku Dansatgas TMMD Ke-104 Kodim 0804/Magetan Letkol Czi Chotman Jumei Arisandy, SE meminta, kegiatan penghijauan ini, selain dilaksanakan di tanah yang rawan longsor atau banjir, warga juga di anjurkan untuk menanam diseputaran halaman rumahnya, seperti bibit pohon durian, mangga, rambutan maupun bibit apukat.

Letkol Czi Chotman Jumei Arisandy, SE mengatakan aksi penghijauan yang dilaksanakan ini demi menjaga keseimbangan ekosistem di lingkungan sekitar lokasi sasaran fisik. “Yang kita tanam sekarang ini adalah pohon yang menyediakan makanan. Selain manfaat lain yang diperoleh, juga dapat menikmati hasil buah dari pohon tersebut. Bukan saja manusia tapi burung dan hewan lainnya juga dapat menjadikan sebagai sumber makanan dari pohon buah-buahan yang ditanam di lokasi TMMD ini,” pungkasnya

Adanya kegiatan penghijauan sebagai salah satu sasaran fisik kegiatan TMMD bertujuan untuk mengurangi pemanasan global dan untuk merawat lingkungan agar lebih asri, terutama di lahan kritis dalam jangka panjang dapat menambah cadangan air/reserve air dan sebagai daya ikat tanah.  Banyak manfaat dari penghijauan lingkungan diantaranya akan memperbaiki kualitas air tanah, mencegah banjir, mengurangi polusi udara dan masih banyak manfaat lainnya. (tsr/MDC0804)

Tinggalkan Balasan