Serka Polin Cek Penemuan Susunan Batu Diperkirakan Merupakan Situs Benda Purbakala

Magetan, Warga di Jalan Rajawali Kelurahan Maospati menemukan susunan batu raksasa yang diduga sebagai situs peninggalan zaman pra sejarah atau benda purbakala tepatnya di kebun milik Bapak Sudarno Rt. 20 Rw 06 Kelurahan Maospati  Kecamatan Maospati Kabupaten Magetan.

Penemuan susunan batu besar diantara semak semak belukar dan tumpukan tumbuhan rumput, disaat warga melakukan pembersihan kawasan kebun milik bapak Sudarno . Warga yang kaget menemukan bongkahan batu yang tersusun ini, kemudian langsung melaporkan ke aparat Kelurahan  setempat dan diteruskan ke Babinsa Koramil 0804/06 Maospati.

Perangkat Kelurahan Maospati didampingi Babinsa Serka Polin mengatakan saat dilakukan penelitian awal, aparat Kelurahan mempercayai bahwa batu besar yang tersusun ini, merupakan situs peninggalan zaman pra sejarah. Adapun wujud dari batu adalah berbentuk batu bersegi tiga dan berbentuk lumpang.

“Kalau dilihat dari tata letak batu, memang menurut kami ya secara awam, ada sejarah di masa lampau. Tapi kembali lagi, ada dinas terkait dan berwenang menentukan apakah ini memang situs bersejarah atau bukan,” ujar  Serka Polin.

Penemuan susunan batu yang berbentuk segi tiga dan berbentuk lumpang merupakan yang pertama kali. Para ahli kepurbakalaan memerlukan waktu yang lama untuk meneliti, apakah susunan batu kuno ini benar sisa zaman megalitikum atau bukan. Hal ini merupakan wewenang dari dinas Kebudayaan dan pariwisata Kabupaten yang kebetulan penemuan situs ini berdekatan dengan Museum dan Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Magetan. [tsr/R06]

Tinggalkan Balasan