Upaya Satgas TMMD Ke-104 Kodim 0804/Magetan Perkuat Rasa Kebangsaan Masyarakat

Setiap warga negara Indonesia harus berpikir, bersikap dan bertindak secara utuh menyeluruh dalam lingkup NKRI dan demi kepentingan nasional, bangsa dan negara Indonesia.

“Dengan kita memahami dan mempunyai wawasan kebangsaan, tentu kita akan mempunyai rasa bela negara,” kata Danramil 0804/02 Plaosan Kapten Inf Waluyo saat memberikan sosialisasi wawasan kebangsaan dan bela negara kepada masyarakat di Kantor Desa Poncol, Kec. Poncol, Magetan, Jumat (1/3/19).

Sosialisasi yang diberikan dalam rangka TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-104 Kodim 0804/Magetan Tahun 2019 yang dilaksanakan terpusat di Desa Poncol.

Lebih lanjut ia menjelaskan, wawasan kebangsaan dapat diartikan sebagai konsep cara pandang yang dilandasi akan kesadaran diri sebagai warga dari suatu negara akan diri dan lingkungannya di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Hakikatnya, wawasan kebangsaan adalah keutuhan secara nasional, yang juga dapat diartikan sebagai cara pandang yang utuh atau menyeluruh dalam lingkup bangsa Indonesia dan demi kepentingan nasional,” ungkapnya.

“Sementara bela negara, menurutnya adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD1945 dalam upaya mempertahankan kelangsungan hidup bangsa dan negara.

“Pancasila merupakan dasar negara Indonesia dan Pancasila sebagai pemersatu bangsa Indonesia dari berbagai gangguan dan ancaman,” jelasnya.

“Untuk itu kita sebagai warga negara Indonesia harus mampu menumbuhkembangkan wawasan kebangsaan dan bela negara di dalam kehidupan berbagsa dan bernegara,” tegasnya.

Terkait kegiatan TMMD yang tengah dilaksanakan saat ini, ia menuturkan bahwa kegiatan TMMD merupakan bentuk kepedulian TNI, Pemda dan Polri dalam membantu pemerintah mempercepat pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tsr/aw

Tinggalkan Balasan