Magetan – Semangat kebangsaan  atau nasionalisme merupakan bagian dari wawasan kebangsaan berdasarkan Pancasila sebagai ideologi negara dan pembukaan UUD 45 sebagai dasar negara. Ini merupakan pemersatu dan memberikan dorongan dalam mengisi kemerdekaan dengan pembangunan demi tegaknya NKRI, sebagai betuk kesadaran bela negara.

Hal tersebut dikatakan Danramil 0804/08 Barat Kapten Inf Suparlan saat memberikan wawasan kebangsaan dihadapan 35 pemuda NU dalam kegiatan Makesta (Masa Kesetiaan Anggota) yang dilaksanakan di Balai Desa Ngumpul Kec.Barat Kab. Magetan. Minggu(28/04/2019)

Kapten Inf Suparlan menjelaskan, dalam beberapa tahun kedepan, negara Indonesia yang beriklim tropis dan terletak di garis khatulistiwa akan menjadi salah satu negara dengan lumbung pangan terbesar di dunia. Oleh karena itu, negara Indonesia akan menjadi rebutan oleh negara-negara asing yang ingin menguasai lumbung pangan  demi kelangsungan hidup suku dan rasnya.

Ia juga menambahkan, Indonesia diketahui memiliki kekuatan militer yang cukup menjadi pertimbangan bagi negara asing yang ingin melakukan invasi. Perang konvensional tentunya tidak akan menjadi pilihan yang baik mengingat militer Indonesia terkenal dengan gerilyanya. Untuk itu beberapa negara adi kuasa ingin perlahan menghancurkan negara Indonesia dengan merusak generasi penerus melalui narkoba dan mencoba memecah belah persatuan dan kesatuan Indonesia menggunakan proxy war serta membangkitkan paham komunis yang menjadi bahaya laten bagi seluruh Rakyat Indonesia,  “paparnya”

“Ancaman tersebut dapat kita lawan dengan menjaga persatuan dan kesatuan serta berpedoman kepada empat pilar kebangsaan diantaranya dengan mengamalkan Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan menjaga kebhinneka tunggal ika-an” terang Danramil.

Maka dari itu sebagai generasi penerus Bangsa mulai dari sekarang harus ditanamkan semangat nasianalisme, cinta tanah air dan mengisi kemerdekaan dengan perilaku yang baik dan menghidari pengaruh negatif perkembangan tehnologi, penyalahgunaan narkoba dan pergaulan bebas. Dengan Generasi yang berkwalitas dan dilandasi Akhlakul Karimah maka  kedepan  NKRI menjadi negara yang maju dan disegani oleh negara lain. “paparnya”

Tinggalkan Balasan