Dukung Program Kesehatan, Danramil 0804/12 Hadiri Launching Pos Kesehatan Hipertensi Dan Diabetes Melitus

Magetan – Puluhan warga sangat antusias mengikuti launching pos kesehatan hipertensi dan diabetes melitus serta pengecekan dan pengobatan gratis, bertempat di balai desa Tapen kecamatan lembeyan. Jum’at(26/4/2019)

Tampak hadir dalam acara tersebut, Camat lembeyan yang diwakili oleh Kasi Pemerintahan Ginung  Wahyudi, Danramil 0804/12 Lembeyan Kapten Inf Puguh Priyandoko,  Kepala Puskesmas lembeyan dr. Tatang Broto Legowo, Kepala Desa  Tapen Slamet Riyanto serta perangkat Desa Tapen.

Dalam Sambutanya dr. Tatang Broto Legowo mengatakan bahwa berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 menunjukkan prevalensi Penyakit Tidak Menular (PTM) mengalami kenaikan yang cukup memprihatinkan dibandingkan dengan Riskesdas sebelumnya.

Berdasarkan pemeriksaan gula darah, penyakit diabetes melitus naik dari 6,9 persen pada Riskesdas  menjadi 8,5 persen, Sedangkan penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi naik dari 25,8 persen menjadi 34,1 persen.

Adanya kenaikan prevalensi penyakit tidak menular ini dihubungkan dengan pola hidup masyarakat yang tidak sehat. Hal ini juga terlihat dari kurangnya konsumsi buah dan sayur. “Jadi kita musti bertanya, kenapa kita sakit. Kalau ditarik ke hulu ya pasti perilaku. Kita musti mengubah mindset kita yang berparadigma sehat,” tuturnya.

Sementara itu Danramil 0804/12 Lembeyan Kapten Inf Puguh Priyandoko menyambut baik launching pos kesehatan hipertensi dan diabetes melitus serta pengecekan dan pengobatan gratis yang dilaksanakan di Desa Tapen. Ia mengharapkan agar masyarakat memanfaatkan program ini untuk medeteksi penyakit sedini mungkin, melalui Babinsa yang ada dilapangan ada dilapangan pihaknya akan terus berkoordinasi dengan instansi terkait untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat akan pentingnya hidup sehat. “tuturnya.

Launching pos kesehatan hipertensi dan diabetes melitus serta pengecekan dan pengobatan gratis ini ditandai dengan pemukulan gong di lanjutkan pengecekan  dan pengorbatan gratis oleh petugas kesehatan dari Pukesmas Lembeyan. (R.12)

Tinggalkan Balasan