Magetan – Musim giling tak lama lagi menjelang, buka giling adalah tradisi kegiatan “ritual” yang umum dilakukan oleh Pabrik Gula sebelum proses produksi dimulai. Tradisi yang telah ada sejak dulu biasanya dihelat antara bulan April-Mei. Selain sebagai penanda bahwa musim giling atau produksi gula akan dimulai, tradisi ini juga dimaksudkan agar dalam proses giling atau produksi nantinya bisa selamat, lancar dan sukses sehingga target produksi yang telah ditentukan dapat tercapai.

Dalam mengawali musim giling kali ini Pabrik Gula Purwodadi, Karangrejo Magetan mengelar kegiatan tahunan tersebut dengan pertujukan wayang kulit, yang ditandai dengan penyerahan gunungan  dari ADM.PG. Porwodadi   Rahadi Koentjoro  kepada Dalang Ki Putut Aji Aguseno di halaman PG. Purwodadi, Karangrejo, Magetan. Sabtu Malam(27/4/2019)

Bupati Magetan Dr Drs H. Suprawoto, SH, M.si didampingi ADM.PG. Porwodadi   Rahadi Koentjoro hadir menyaksikan pagelaran wayang tersebut beserta  para jajarannya dan juga Forum Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Forkopimca) Karangrejo.

Dalam sambutanya Rahadi Koentjoro sangat senang bisa berada di tengah-tengah masyarakat dalam Pagelaran Wayang Kulit ini. Harapan kami semua bahwa kinerja pabrik gula ini menjadi lebih baik dan sesuai dengan harapan kami, selain itu tak lupa kami juga berterimakasih kepada karyawan yang telah bekerja keras  sehingga menjadikan PG Purwodadi ini  menjadi lebih maju, “ungkapnya”.

Momen yang baik ini juga dimanfaatkan Danramil 0804/07 Karangrejo Kapten Inf Arif Wibowo, menurutnya, kegiatan ini merupakan kesempatan sebagai sarana untuk berinteraksi dan membangun komunikasi sosial yang baik dengan masyarakat. Dengan adanya  komunikasi yang baik dan saling mengenal, maka muncul komunikasi dua arah yang baik demi terwujudnya silaturahmi dan Kemanunggalan TNI-Rakyat. Karena kami sebagai TNI, dimanapun bertugas harus senantiasa mendekatkan diri dan bersama-bersama rakyat. “ujarnya”

Kegiatan buka giling ini selalu disambut dengan suka cita oleh masyarakat. Hal ini terbukti dengan antusiasnya masyarakat dalam menyambut buka giling PG Purwodadi ini setiap tahunnya. Kegiatan buka giling pabrik gula akan bermakna lebih, utamanya bagi para petani tebu, karyawan pabrik gula serta masyarakat yang ada disekitar lingkungan pabrik gula.

Tinggalkan Balasan