Magetan – Mulai dari pagi para warga masyarakat Desa Kledokan sebagai Kampung Nahdatul Ulama (NU) bergotong-royong guyub rukun untuk mempersiapkan semuanya mulai dari panggung, terop maupun aneka makanan dan Kirab Budaya dalam rangka kegiatan Megengan Agung menyambut datangnya Bulan Ramadhan yang acaranya dimulai pukul 14.30 wib sampai dengan pukul 17.00 wib bertempat di depan Balai Desa Kledokan Kecamatan Bendo. (Minggu, 05/05/19)

Hadir dalam acara Megengan Agung tersebut antara lain Ketua FC NU Kab. Magetan KH. Mansyur Abdullah M.Pd.I. Anggota DPRD Kab. Magetan Dwi Heruyanto, SIP. Camat Bendo Tri Atmadi, S.Sos. Danramil 0804/13 Bendo Kapten Inf Sarpan, Kapolsek Bendo AKP Endang Wahyuni, SH. Ketua MWC NU Bendo Drs. Fachrudin HS. Kades Kledokan Bpk Gito SH. Seluruh warga masyarakat Desa Kledokan sekitar 1000 orang.

Acara tersebut dimulai dengan Kirap Ambengan (selamatan) dengan mengelilingi Desa Kledokan yang diikuti oleh seluruh warga dengan membawa umbul-umbul maupun spanduk dari masing-masing RT dan juga menampilkan Dramband dari anak-anak SD/TK yang ada di Wilayah Kecamatan Bendo dan ini di Lombakan sehingga masyarakat masing-masing RT sangat antusias untuk mengukuti acara Kirab Tersebut. Setelah seluruhnya sampai di Balai Desa maka acara dimulai dengan Pembukaan di lanjutkan sambutan-sambutan. Sambutan baik dari Ketua PC NU Magetan KH. Mansyur Abdullah M.Pd.I. maupun dari Forkopimca Bendo. Setelah itu acara slametan dan doa bersama sebagai bentuk rasa syukur dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan.

Danramil 0804/13 Bendo Kapten Inf Sarpan mewakili Forkopimca Bendo memberikan sambutan dengan ucapan terimakasih banyak kepada perangkat desa dan panitia serta warga masyarakat Desa Kledokan yang telah mengundang kami untuk ikut bersama-sama melaksanakan Megengan Agung. Ini merupakan bentuk rasa gembira kita menyambut datangnya bulan Ramadhan. Barang siapa yang dengan senang hati menyongsong bulan Ramadhan maka haram tubuhnya terkena Api Neraka. Desa Kledokan merupakan Kampung Nahdatul Ulama (NU) yang sudah dicanangkan satu tahun yang lalu, Ini merupakan Tradisi atau Budaya yang sangat baik dan harus tetap dilestarikan sehingga bisa dicontoh oleh desa-desa lain. Sehingga kerukunan dan kebersamaan tetap terjaga.

Mansyur Abdullah M.Pd.I. Selaku Ketua FC NU Kab. Magetan dalam sambutannya mengatakan bahwa Kampung NU yaitu Kampung yang selalu menghidupkan budaya dan kerukunan masyarakat, bukan berarti satu kampung warga NU semua ataupun umat Islam semua, artinya masyarakat sebagai Pelopor Kerukunan bermasyarakat. Tahun ini NU Jatim menghimbau PC NU seluruh Jawa Timur untuk mengadakan Megengan Akbar jadi Kampung NU Desa Kledokan sudah menjadi contoh untuk daerah lain. Kampung NU akan di lombakan dan semoga Kampung NU Desa Kledokan dapat menjadi pemenang Kampung Nahdatul Ulama SeJawa Timur. Nahdatul Ulama selalu menanamkan semangat keagamaan dan semagat kebangsaan sehingga kerukunan masyarakat tetap dapat dijaga dan tidak mudah di adu domba. Megengan Agung merupakan rasa syukur kita untuk menyambut datangnya Bulan Ramadhan. (R13)

Tinggalkan Balasan