Magetan – Pelda Kahono bersama team gabungan personil Puskesmas dan Polsek Magetan melaksanakan operasi makanan dan minuman kedaluwarsa, di pusat-pusat perbelanjaan yang ada diwilayah Kota Magetan. Rabu (22/05/2019).

Pelaksanaan operasi makanan dan minuman (Ops Mamin) menjadi agenda rutin menjelang datangnya perayaan hari raya Idul Fitri, demi melindungi konsumen dari makanan dan minuman dalam kemasan yang kedaluwarsa namun disinyalir masih beredar di pasaran.

Adapun yang hadir dalam kegiatan ini antara lain Dr Diana Etikawati (ka puskesmas candirejo), Pelda  Kahono Bakti TNI Ramil 0804/ 01 Magetan, Bripka Parno (polsek kota), Greestiyono (perwakilan kecamatan Magetan), susi pegawai puskesmas candirejo beserta Babinsa Candirejo serda Mugiyono.

Tujuan operasi ini untuk melindungi masyarakat/konsumen dari bahaya makanan yang tidak memenuhi syarat untuk di konsusmsi, mengawasi produksi rumah tangga(PRT) yang tidak ada ijin produksi dari dinas terkait.

Sasaran operasi ini adalah semua makanan dan minuman yang di jual di toko besar/kecil. Produksi rumah tangga yang tidak ada ijin dari dinas terkait. Makanan kadaluarsa. Makanan tidak berijin resmi, Makanan yang rusak, Makanan yang ijin PIRT masih 12 digit.

Untuk kesepakatan, Barang makanan/minuman kadaluwarsa yang disita akan di bawa/titipkan di puskesmas. Di beri jangka waktu seminggu untuk pengambilan barang yang di sita di Puskesmas. Apabila barang yg sudah exfaiyer/kadaluarsa ,Pelda Kahono memerintahkan supaya Mamin yang sudah kedaluwarsa jangan dijual kepada konsumen, harap dikumpulkan digudang dan selanjutnya ditukarkan Mamin yang masih layak dikonsumsi kepada suplayer, sesuai kesepakatan awal sewaktu suplayer menyetok dagangan.

Tinggalkan Balasan