Magetan – Magetan- Sesuai dengan Permendagri 34 tahun 2006 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Pembauran Kebangsaan Daerah, Bakesbangpol Kabupaten Magetan menggelar Sosialisasi Pembinaan  Pembauran Kebangsaan, di Balai Pertemuan Kel. Tawanganom Kec/Kab. Magetan. Rabu(15/5/2019)

Menurut Kepala Kesbangpol Kab. Magetan Eko Muryanto, SIP, MSI. Sosialisasi Forum Pembauran Kebangsaan mempunyai tujuan agar tercipta kehidupan masyarakat yang rukun, aman dan damai dg tujuan guna mencegah masyarakat untuk tidak mudah terprovokasi dengan kekerasan yang bersifat keagamaan dan terciptanya kerjasama umat, ras, suku, budaya dan adat istiadat yang dilandasi oleh toleransi, saling pengertian, menghormati, dan saling menghargai.

Kasdim 0804/Magetan Mayor Inf Muji Wahono sebagai nara sumber dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa Pembauran Kebangsaan merupakan proses pelaksanaan kegiatan integrasi anggota masyarakat dari berbagai ras, suku, etnis, melalui interaksi social dalam bidang bahasa, adat istiadat, seni budaya, pendidikan dan perekonomian untuk mewujudkan kebangsaan Indonesia tanpa harus menghilangkan identitas ras, suku, dan etnis masing-masing dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sosialisasi juga diharapkan dapat menumbuh kembangkan  nilai-nilai kebersamaan, solidaritas social tanpa memandang etnis dan golongan, menyuburkan proses pembauran, dan memantapkan persatuan dan kesatuan antar seluruh elemen bangsa, serta keberagaman dapat menjadi kekuatan untuk mengatasi segala tantangan, ancaman, hambatan serta gangguan yang datang dari luar maupun dari dalam yang langsung maupun tidak langsung  yang membahayakan pertahanan dan keamanan bangsa dan negara. “terangnya”

Tinggalkan Balasan