Magetan – Koramil 0804/07 Karangrejo bersama Polsek Karangrejo bangun sinergitas dalam rangka menciptakan suasana aman dan kondusif diwilayah dengan menghadiri ujian kenaikan tingkat  perguruan pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate  Ranting Karangrejo, di balai pertemuan Desa Prampelan Kec karangrejo Kab. Magetan.

Pencak silat sebagai cabang beladiri asli Indonesia merupakan warisan budaya leluhur Nenek Moyang bangsa Indonesia yg patut di lestarikan Indonesia, lahir dan berkembang sebagai budaya lokal. Merupakan suatu pendidikan diantatanya untuk  Persaudaraan, Olah Raga , Seni , Bela Diri , dan Kerohanian , serta mempunyai nilai untuk meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, memelihara olah ketrampilan beladiri yg tidak kalah dg budaya asing, memperkokoh kepribadian, percaya diri dan memper banyak kashanah budaya Indonesia yang bernilai luhur.

Dengan memelihara serta dilestaikannya   Seni bela diri Pencak Silat  tersebut menjadi jembatan dalam beromunikasi sosial sebagai salah satu metode pembinaan Teritorial (Binter), dan merupakan wahana untuk mewujudkan kebersamaan dan kedekatan hubungan antara TNI – Polri dengan masyarakat ataupun seluruh komponen bangsa yang ada di negara kita tercinta Indonesia.

sinergitas seperti ini, perlu kita tumbuhkan untuk memupuk rasa persatuan dan kesatuan yang sangat di perlukan guna menghadapi /menjawab  tantangan  permasalahan dalam kehidupan berbangsa maupun bernegara, sesuai dengan sistem pertahanan Indonesia yang menganut pertahanan semesta dengan menempatkan seluruh komponen bangsa sebagai  cadangan pertahan dan pendukung pertahanan , dimana TNI sebagai kekuatan inti Pertahanan

Danramil 0804/07 Karangrejo yang turut hadir pada acara tersebut mejelaskan bahwa, Berdasarkan kebijaksanaan dari Pemerintah, kegiatan ini berkaitan dengan peran, tugas dan fungsi TNI khususnya TNI AD dalam hal ini Satkowil dalam membantu Negara untuk menciptakan pemberdayaan wilayah pertahanan aspek di darat dalam menghadapi hakekat ancaman yang mungkin terjadi.

Selain itu Danramil juga menjelaskan bahwa tugas pokok TNI dalam undang-undang RI nomor 34 tahun 2004 tentang TNI, menyatakan bahwa TNI berperan sebagai alat negara dibidang pertahanan yang dalam pelaksanaan tugasnya berdasarkan kebijakan dan keputusan politik Negara”.

Peran tersebut dilaksanakan melalui tugas pokok TNI yaitu menegakkan kedaulatan Negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman maupun gangguan terhadap keutuhan Bangsa dan Negara.

Dalam operasionalnya dilaksanakan dengan Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP), diantara tugas TNI dalam operasi selain perang adalah memberdayakan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya yang dilaksanakan secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta. “tuturnya” ( Bay R. 07 ).

Tinggalkan Balasan