Magetan – Hari raya Idhul Fitri memang sudah lewat beberapa minggu yang lalu tapi nuansa lebaran masih sangat terasa, bulan Syawal bagi umat Islam merupakan momen yang tepat untuk melakukan halalbihalal.

Halalbihalal sudah menjadi tradisi yang bernuansa religius-sosial, bagi umat Islam. Kebiasaan itu mengekspresikan kebahagiaan setelah menjalani hari-hari yang penuh berkah Ramadhan. Umat Islam diliputi rasa syukur, keinginan untuk saling maaf-memaafkan, dan sama-sama berintrospeksi diri.

Begitu pula dengan nuansa bulan syawal di wilayah Kec. Panekan, yang masih diisi dengan berbagai acara Pengajian dan Halal Bihalal. Tidak hanya dilaksanakan ditingkat Dinas instansi , sekolahan maupun Desa.Tak ketinggalan unsur IPHI kec. Panekan ( Ikatan Persaudaraan Haji umrah Indonesia ) juga melaksanakan acara Pengajian dan Halal Bihalal, yang diadakan dirumah H. Sumiran di Desa Bedagung. Selasa(25/6/2019)

Sebanyak 200 IPHI Kec. Panekan dan Forkopimca Panekan turut hadir dalan acara tersebut. Kegiatan ini diisi pegajian dan tausyiah yang disampaikan oleh KH. Hamim Jazuli dari Karangmojo.

KH. Hamim Jazuli dalam tusyiahnya mejelaskan bahwa ibadah haji merupakan kewajiban umat Islam bagi yang mampu, apabila dihayati dan diimplementasikan dalam realitas kehidupan oleh umat Islam maka ibadah haji akan mengantarkan kita untuk mempertebal keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. “jelasnya” (R.03)

Tinggalkan Balasan