Magetan – Berbagai cara dilakukan oleh umat muslim untuk merayakan tradisi Lebaran ketupat. Di Dusun Joso Desa Turi Kecamatan Panekan Kabupaten Magetan, warga sekitar memajang puluhan ribu ketupat. Rabu(12/6/2019)

Acara wisata ketupat ini juga dihadiri oleh Wabup Magetan Hj. Dra Nanik Sumantri Mpd, Dandim 0804/Magetan Letkol Czi Chotman Jumei Arisandy, Kapolres Magetan AKBP Moh. Riffai SH MH , Ketua PBNU cab. Magetan  KH. Mansyur , pimpinan Ponpes Miftahul Nurul Huda KH. Abd. Wakhid , turut  dimeriahkan dengan parade Drumband dari MtsN Turi Panekan dan Kesenian Reyog dari lingkungan desa Turi.

Wisata lebaran ketupat yang digelar di desa Turi ini membuat pengunjung terkagum dengan konsep acara tersebut. Acara tersebut dikemas  dalam bentuk wisata lebaran ketupat kampung Nahdlatul Ulama (NU) dan Halal Bialal Keluarga besar Nahdiyin.

Dandim 0804/Magetan Letkol Czi Chotman Jumei Arisandy  sangat mengapresiasi acara yang dikemas wisata lebaran ketupat ini perlu dilestarikan, karena suatu tradisi budaya dalam memperingati hari Raya Idul Fitri.”Selain itu, tujuan acara ini untuk menjalin kerukunan dan kebersamaan antar masyarakat, ini adalah tradisi yang harus terus di rawat dan di lestarikan. “terangnya”.

Acara tradisi Wisata Lebaran Ketupat dikampung NU berlangsung meriah ini, diakhiri dengan ramah tamah sembari menikmati ketupat  dan lepet sebagai tanda saling memaafkan,  serta menyaksikan atraksi Drumband dan Reyog sebagai hasil karya kampung NU. (0804/03)

Tinggalkan Balasan