Magetan – Dandim 0804/Magetan Letkol Czi Chotman Jumei Arisandy, SE bersama Forkopimda Magetan hadiri Pembukaan Jumpa Bakti Gembira (Jumbara)  PMR PMI Tingkat Provinsi Jawa Timur yang diikuti kontingen masing-masing dari Kabupaten/Kota di Jawa Timur. Jumbara merupakan program rutin dari PMI Provinsi Jawa Timur  dalam rangka pembinaan generasi muda, Pelaksanaan Jumbara kali ini dipusatkan di Kab. Magetan dan dibuka langsung oleh Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Jawa Timur, Imam Utomo di Lapangan Secata Rindam V/Brawijaya, Magetan. Senin(24/6/2019)

Kegiatan ini merupakan program kegiatan pembinaan generasi muda, kader relawan dan calon pemimpin PMI di masa depan sebagai upaya untuk meningkatkan kapasitas dan deseminasi kepalang Merahan, karena remaja memainkan peran penting dalam perencanaan, pelaksanaan, dan proses pengambilan keputusan untuk kegiatan PMI selama ini. Untuk itu diperlukan kegiatan-kegiatan yang positif seperti Jumbara PMR untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia.

Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Jawa Timur, Imam Utomo mengatakan Jumbara bertujuan agar para anggota PMR bisa bertegur sapa dan saling bertukar ilmu antar para anggota PMR Se-Provinsi Jawa Timur, sekaligus merancang peran kegiatan sukarelawan untuk mendukung dan melaksanakan program peningkatan organisasi dan pelayanan PMI.

Manajemen Palang Merah Remaja merupakan proses pembinaan dan pengembangan anggota remaja PMI agar dapat mendukung peningkatan kapasitas organisasi dan pelayanan PMI. Adapun siklus manajemen PMR meliputi: Perekrutan, Pelatihan, Tri bakti PMR, Pengakuan dan penghargaan, Pemantauan / evaluasi, “kata Imam Utomo”.

Palang Merah Remaja adalah cikal bakal Relawan PMI yang menjamin kesinambungan organisasi PMI di masa depan. Melalui Jumbara  PMR diharapkan PMR mempunyai karakter, meliputi meningkatkan ketrampilan hidup sehat, nantinya PMR berkarakter bersih dan sehat; berkarya dan berbakti di masyarakat, PMR berkarakter kepemimpinan, peduli, kreatif, kerjasama dan mempererat persahabatan nasional dan Internasional,  “terangnya” (Pen0804)

Tinggalkan Balasan