Magetan – Zakat Fitrah adalah kewajiban yang harus dikeluarkan oleh kaum muslimin dengan standart sebesar 2,5 Kg per orang setara beras sebagai makanan pokok masyarakat pada umumnya, yang diserahkan kepada amil atau panitia zakat yang ada dan disalurkan kepada kaum duafa yang berhak menerima zakat tersebut.

Seperti yang dilakukan oleh Kodim 0804/Magetan yang membentuk amil zakat yang diketuai oleh Perwira Seksi Personil Kodim 0804/Magetan Kapten Cba (Kowad) Dyah Nilasari, pada Ramadhan 1438 H ini telah menghimpun zakat dari anggota Kodim 0804 terkumpul sebanyak  1,45  ton.

Selanjutnya zakat tersebut diserahkan kepada amil zakat untuk diserahkan kepada masyarakat dan  yayasan yang ada di Kab Magetan yang telah mengajukan per surat kepada amil zakat Kodim 0804 Magetan, karena banyaknya yayasan yang mengajukan sehingga masing-masing yayasan diberi sebanyak 50 kg dan sisanya dibagikan kepada masyarakat yang berhak di sekitar Makodim 0804.

Penyerahan Zakat Fitrah tersebut dilakukan secara simbolis oleh Kapten Caj Jemani mewakili Komandan Kodim 0804/Magetan  kepada perwakilan amil zakat yang hadir pada  Sabtu(1/6/2019), di Makodim 0804/Magetan.

Dandim 0804/Magetan Letkol Czi Chotman Jumei arisandy saat dikonfirmasi menuturkan, bahwa zakat fitrah merupakan  hal yang wajib dilaksanakan bagi  umat Islam yang mampu, hal ini merupakan penyempurnaan puasa ramadhan. “Dengan adanya penyaluran zakat ini merupakan wujud kebersamaan Kodim 0804/magetan dengan masyarakat” tuturnya.

Mbah Jujur saat ditanya tanggapannya pembagian zakat ini, mengucapkan terima kasih. “Kami setiap tahunnya dibantu oleh Kodim 0804 ini, “sekali lagi terima kasih kepada anggota Kodim 0804 semoga mendapatkan berkah yang berlimpah dari Allah SWT serta diberikan kelancaran dalam menjalankan tugas negara yang sangat mulia ini,” tuturnya. (0804)

Tinggalkan Balasan