Magetan –  Anggota Koramil 0804/13 Bendo bersama Paguyuban Wong Magetan (PWM) mengadakan karya bakti bersihkan sampah dalam rangka Gerakan Nol Sampah disepanjang Jalan raya Maospati-Gorang gareng Desa Belotan Kecamatan Bendo dengan sasaran sampah-sampah yang sudah menumpuk disepanjang jalan diangkut dengan menggunakan truk sampah untuk dibuang ketempat pembuangan sampah. (Minggu, 23/06/19)

Dalam gerakan Nol sampah tersebut selain dari Paguyuban Wong Magetan (PWM) juga kerja sama dengan Dulur Magetan Penuh Kenangan (DMPK) beserta Lingkungan Hidup Kabupaten Magetan dan Pemerintah Desa Belotan serta warga masyarakat yang peduli tentang kebersihan lingkungan. Kegiatan tersebut dimulai dari pengerukan sampah yang menumpuk dibantaran sungai di pinggir jalan Desa Belotan ke arah Kelurahan Bendo. Karena disepanjang sungai ini ada 4 titik yang digunakan sebagai tempat pembuangan sampah oleh masyarakat sehingga kelihatan kotor dan sampah berserakan dimana-mana.

Ketua Paguyuban Wing Magetan (PWM) Candra Darusman mengatakan bahwa kegiatan Gerakan Nol Sampah ini untuk ikut serta dalam menjaga kebersihan lingkungan khususnya wilayah Kabupaten Magetan agar masyarakat disekitar wilayah tersebut juga ikut peduli untuk menjaga kebersihan lingkungan. Sehingga diharapkan dengan lingkungan bersih maka masyarakat akan terhindar dari segala penyakit yang disebabkan oleh pencemaran lingkungan akibat sampah tersebut.

Kapten Inf Sarpan Danramil 0804/ Bendo dalam kesempatan ini menyampaikan kepada masyarakat bahwa pentingnya kesadaran bersama untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Kapten Inf Sarpan menambahkan bahwa untuk masalah kebersihan tersebut, selayaknya sudah menjadi tugas bersama, tidak hanya dibebankan kepada petugas kebersihan saja, tapi sudah menjadi tanggung jawab semua orang untuk menjaga lingkungan bebas sampah.

“Kebersihan merupakan sebagian dari iman. Dengan menjaga kebersihan, ada dua manfaat yang kita dapatkan. Pertama, hal yang kita peroleh ialah kebersihan lingkungan, dan yang kedua kebersihan secara rohani. Jadi saya mengajak kepada seluruh masyarakat khususnya wilayah Kecamatan Bendo agar membuang sampah pada tempatnya, Jangan membuang sampah dipinggir jalan atau disungai. Sehingga wilayah Kecamatan Bendo akan bebas sampah”. Tambah Kapten Inf Sarpan. (R13)

Tinggalkan Balasan