Magetan – Prolanis atau Program Pengelolaan Penyakit Kronis, bertujuan untuk mencegah penderita penyakit kronis agar tidak terjadi komplikasi lanjutan. Proram ini melibatkan PPK tingkat I, Pegawai BPJS sendiri dan peserta BPJS. Penyakit kronis yang sering di alami oleh anggota masyarakat dan menjadi sasaran dari program prolanis ini adalah Psikozofenia atau gangguan jiwa, Hipertensi, Diabetes Mellitus (DM), Stroke, Lupus dan Asma.

Menyikapi besarnya risiko bagi penderita penyakit kronis, Kodim 0804/Magetan bekerjasama dengan  Poskes 05.10.06 Magetan dan BPJS menyelenggarakan  kegiatan Program Pengelolaan Penyakit Kronis ( Prolanis ), clup “Pratama Sehat”  bagi anggota Kodim 0804/Magetan dan satuan yang ada dijajaranya, untuk mencegah sedini mungkin adanya gejala penyakit kronis. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Koramil 0804/01 Magetan jln pahlawan No.3B Magetan. Jum’at(28/6/2019)

Dr. Yuke  Mardikawati dari Poskes Magetan menyampaikan agar peserta rutin untuk mengikuti kegiatan tersebut, untuk mengetahui perkembangan penyakit yang diderita dan bisa dievaluasi oleh tim kesehatan.

Ia menjelaskan bagi penderita diabetes harus mewaspadai kemungkinan mengalami gagal jantung. Gula darah terlalu tinggi dapat menyebabkan aliran darah tidak lancar. Akibatnya, otot jantung mengalami kekurangan asupan nutrisi dan oksigen, yang menghambat kerja jantung dalam memompa darah. Kondisi ini akan merusak saraf dan pembuluh darah, yang kemudian menyebabkan komplikasi seperti penyakit jantung dan stroke. Kedua penyakit ini menjadi penyebab kematian utama pada penderita diabetes,“jelasnya”.

“Dengan adanya ini akan memberikan manfaat kesehatan berupa pengobatan dan pengecekan laboratorium setiap bulannya bagi peserta prolanis. Selain itu, penyembuhan secara psikis juga dilakukan dalam prolanis, seperti senam yoga, dan sebagainya yang merupakan hal yang penting bagi penanggulangan penyakit yang diderita peserta” lanjutnya.

Sementara itu Kapten Cba (Kowad) Dyah Nilasari Pasi Pers Kodim 0804/Magetan mengungkapkan bahwa program ini sangat membantu bagi Anggota Kodim 0804/Magetan beserta keluarganya dan masyarakat. Hal tersebut guna mengontrol terhadap adanya penyakit berisiko tinggi, sedangkan bagi yang sudah menderita gejala penyakit berisiko tinggi kegiatan tersebut sangat efektif untuk membantu pengobatan.”ungkapnya”. (0804)

Tinggalkan Balasan