Magetan – Gesekan antar perguruan silat masih kerap terjadi, banyak faktor yang menjadi penyebab pertikaian antar perguruan pencak silat ini, dari masalah sepele bisa menjadi pertikaian besar jika sudah menyinggung soal kehormatan dan solidaritas antar anggota perguruan pencak silat.

Menyikapi hal tersebut Babinsa Balegondo Sertu Mujiono mengajak perguruan pencak silat yang ada di desa binaannya untuk selalu ikut membantu menjaga Kamtibmas wilayah dan tetap bersatu dan tidak mudah terprovokasi dengan berita yang bisa memecah belah Persatuan dan Kesatuan Bangsa.

Hal itu dikatakan Sertu Mujiono saat menghadiri ujian kenaikan tingkat perguruan IKS PI (Ikatan Keluarga Silat Putra Indonesia) Kera Sakti Cab. Magetan di Balai pertemuan Dsn. Babadan Ds. Balegondo Kec. Ngariboyo Kab. Magetan. Senin(1/7/2019)

Sertu Mujiono mengajak agar perbedaan antar perguruan jangan kemudian dijadikan pangkal pertentangan. Tapi keberagaman perguruan silat, itu hendaknya dapat dijadikan sebagai potensi untuk membangun persaudaraan, kerukunan, persatuan dan kesatuan antar perguruan. “Dengan kebersamaan diharapkan tidak ada lagi perkelahian antar perguruan namun akan membina dan menjaga kerukunan dan kekeluargaan bersama warga masyarakat lain” kata mujiono.

Ditempat terpisah Danramil 0804/01 Magetan Kapten Inf Kiswanto menghimbau agar menghindari gesekan atar  perguruan pencak silat dengan menanamkan  jiwa nasionalisme dan semangat patriotisme dalam upaya menumbuhkan kecintaannya kepada tanah air, disamping itu harus memiliki komitmen dalam ikut serta memajukan olahraga pencak silat khususnya di Kab. Magetan. “tuturnya” (R.01)

Tinggalkan Balasan