Magetan – Tradisi bersih Desa merupakan tradsi turun temurun dari zaman leluhurnya yang di adakan setiap setahun sekali. Adapun kegiatan Bersih Desa yang dilakukan oleh seluruh masyarakat dengan mengadakan pentas seni Reog di Desa Dukuh. Kec. Lembeyan Kab. Magetan.

Pengamanan ini dilakukan untuk mencegah hal hal yang tidak diinginkan,seperti keributan yang terjadi antar warga saat melihat pentas reog.

Dalam acara tersebut di hadiri Kepala Desa Dukuh Bapak Hariyanto,Danramil 0804/12 Lembeyan yg di wakili oleh Bati Komsos Pelda Heru.S,Babinsa Dukuh Sertu Sujianto, Bhabinkamtibmas Bripka Fery ,Beserta Seluruh Perangkat Desa Dukuh ,  tokoh masyarakat serta Warga Desa Dukuh.Minggu 14/07/2019.

Kepala Desa Dukuh dalam sambutan menyampaikan banyak terima kasih kepada Bapak Aparat Koramil dan polsek serta warga masyarakat Desa Dukuh yang hadir di tempat ini, yang mana acara bersih desa bertujuan untuk mendoakan para leluhur pendiri Desa Dukuh dan wujud rasa syukur apa yang diwariskan oleh para leluhur agar tradisi tersebut tidak punah perlu di lestarikan.supaya acara bisa berjalan dengan  lancar dan aman maka kami menghimbau kepada seluruh warga agar selalu menjaga ketertiban saat acara berlangsung.

Acara Bersih Desa ini juga sebagai sarana untuk melestarikan budaya yang telah turun temurun agar generasi muda selalu mengingat  sejarah Desa Dukuh. Setelah sambutan kepala Desa selesai di lanjutkan pentas seni reog. Diarak keliling lingkungan RT, sehingga masyarakat sekitar bisa melihat langsung kesenian tersebut.(R. 12)

Tinggalkan Balasan