Magetan – Mengakiri  bulan Syawal 1440 H pada hari Sabtu tanggal 6 Juli 2019 Pukul 09.30 Wib s/d 11.30 Wib bertempat di Puskesmas Karangrejo Kec.Karangrejo Kab. Magetan telah dilaksanakan Pertemuan Lokakarya  Mini  Lintas  Sektor  Pukesmas Karangrejo  TA. 2019

Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Karangrejo yang di wakili Sekcam Agung Setia Nugroho, S.Sos Kepala Puskesmas Karangrejo dr. Lilik Tri Kardiyanto, Danramil 0804/07 dalam hal ini  di wakili oleh Bati Komsos   Pelda Yahman, Kapolsek Karangrejo di wakili  Iptu Budi Santoso, Ketua Tim Penggerak PKK Kec. Karangrejo Wulan Supriyati, Koordinator PPKB  Kec.Karangrejo Siti Muzayah S.Sos ,Kepala KUA Karangrejo Edi Siswoyo Mpd, Seluruh Kepala Desa  dan kepala SMP dan SD   Se kecamatan  Karangrejo.

Selaku Kepala Puskesmas Karangrejo  Dokter  Lilik Tri Kardiyanto menyampaikan program – program yang sudah di laksanakan  maupun yang akan di laksanakan  oleh  Puskesmas  Karangrejo  dalam rangka peningkatan pelayanan dan mengurangi penyakit Demam  berdarah yang masih tinggi di  Kec. Karangrejo, utk itu Dokter  Lilik Tri Kardiyanto  menghimbau untuk selalu senantiasa menjaga kebersihan lingkungan dan memberantas  sarang  sarang dari nyamuk demam berdarah.

Sementara itu dari Koramil 0804/07 Karangrejo  Pelda Yahman menyampaikan perkembanggan  kejadian KLB  penyakit Hepatitis  A  yang terjadi di Kab. Pacitan Jawa timur yang mencampai 243 penderita  dalam  kurun waktu kurang 1 bulan hal terebut tidak menutup  kemungkinan bisa terjadi di wilayah Magetan mengingat  jarak Magetan  dan Pacitan yang  tidak  terlalu  jauh.

Untuk itu  Pelda Yahman menyampaikan kepada  Puskesmas  Karangrejo  dan para tenaga medis misal Bidan desa, perawat  serta kader – kader  kesehatan desa bersinergi dengan para Babinsa untuk menggerakkan supaya tumbuh kesadaran tentang pentingnya kesehatan di masyarakat  bekerja sama mensosialisasikan , serta bertindak sigap  tepat dan cepat  utk  mengambil  tindakan  apa  bila  terdapat masyarakatnya  yang terindikasi penyakit Hipatitis A dengan gejala sebagai berikut Air Seni  berubah keruh seperti teh, Badan Lemas  daya  tahan tubuh menurun, mata agak kekuning kuningan termasuk kulit  dan kuku.

Apa bila ada  warga masyarakat  mengalami  gejala  segera berobat ke Puskesmas untuk segera mendapatkan pelayanan, penangganan secara tepat agar  wabah  tersebut  tidak menyebar  menular ke masyarakat  sekitarnya  mengingat  hipatitis  A sangat  mudah  menular  lewat  makanan dan  minuman serta tempat yang sudah terkontaminasi  penderita Hepatitis A.  Untuk  itu Pelda Yahman  berpesan kepada masyarakat lewat kepala desa dan tenaga  kesehatan di desa utk terus mengantisipasi  kejadian tersebut, ”pungkasnya”.

Paramedis di wilayah Kec. Karangrejo di bawah naungan Puskesmas Karangrejo selalu bersinergi dengan berbagai komponen masyarakat serta instansi di wilayah untuk berperan aktif dalam mendukung program kesehatan yan telah di rencanakan dan semakin meningkat kesadaran masyarakat tentang pola hidup sehat dan lingkungan sehat imbuh Kepala Puskesmas pada akhir acara tersebut.  (R.07)

Tinggalkan Balasan