Magetan – Babinsa Koramil 0804/07 Karangrejo Serda Tri Susilo yang bertugas sebagai Babinsa desa Jungke Kecamatan Karas melakukan pendampingan pertanian mulai dari pengolahan sawah dengan bermitra kepada para Gapoktan maupun PPL,  melakukan pemantauan secara terus menerus baik mulai dari perkembangan tanaman khususnya tanaman padi, jagung, dan kedelai karena tanaman tersebut yang pada MOU antara TNI dengan Distan secara terus menerus diharapkan bisa meningkat baik hasil panen maupun kwalitas panen karena Pemerintah menarjetkan khususnya kebutuhan bahan pokok pangan dalam negeri tercukupi dan tidak impor dari luar negeri, mendukung penyerapan gabah dari para petani kepada Bulog disaat musim panen.

Kegiatan Pendampingan pertanian yang dilakukan oleh para Babinsa sebagai upaya pendekatan dan bermanfaat bagi kedua pihak baik petani maupun petugas PPL termasuk Babinsa.

Contoh diantara kegiatan yang dilakukan oleh Serda Tri Susilo dalam pendampingan pertanian diantaranya adalah berkoordinasi dengan Gapoktan tentang sistim pola tanam yang baik sampai dengan pratek di lapangan atau disawah sehingga para petani selalu mendapat ilmu dan bimbingan yang baik khususnya dari petugas PPL yang selalu bermitra di desa binaannya untuk bekerja sama dengan para gapoktan sampai kepada para petani.

Danramil 0804/07 Karangrejo Kptn Inf Arif W menuturkan kegiatan pendampingan pertanian yang dilakukan para Babinsa merupakan bagian dari upaya khusus ketahanan pangan guna mendukung dan mensukseskan program Nasional.

Kegiatan pendampingan pertanian ini sudah bagian tugas dan tanggung jawab kami sebagai Babinsa yang harus memberikan contoh dan motivasi di setiap ada kegiatan di wilayah binaannya, ujar Serda Tri Susilo.

Sementara itu ketua  Kelompok “Tani Makmur” desa Jungke Bapak Sutrisno menyampaikan bahwa para petani sangat senang dengan kehadiran Babinsa yang perhatian dan peduli kepada para petani yang secara rutin bersama dengan petugas PPL memberikan penyuluhan, yang berdampak kepada hasil pertanian bisa bertambah sehingga kesejahteraan petani juga bisa meningkat, pungkasnya ( Bay. R. O7 ).

Tinggalkan Balasan