BENDO, Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) di setiap perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia selalu jadi pusat perhatian bagi peserta Upacara. Pada saat Pengibaran bendera oleh angota Paskibra merupakan moment yang sangat penting, karena kesuksesan dalam peringatan 17 Agustus dapat dilihat pada saat Pasukan Pengibar Bendera ini melaksanakan tugasnya dengan baik tanpa ada kesalahan yang fatal. Oleh sebab itulah Anggota Koramil 0804-13/ Bendo bersama anggota Polsek Bendo mendatangi sekolah-sekolah tingkat SLTP dan SLTA yang ada diwilayah Kecamatan Bendo untuk menyeleksi para siswanya yang akan diikutkan sebagai anggota Paskibra tingkat Kecamatan Bendo. (Senin, 22/07/19)

Dengan terjun langsung ke sekolah- sekolah diharapkan para Pelatih Paskibra akan mendapatkan calon-calon peserta Paskibra yang sesuai dengan kriteria baik tentang tinggi badannya maupun bentuk sikap dalam gerakannya. Untuk Sekolah tingkat SLTP diambil yang sudah kelas 9 supaya nanti tahun depan setelah lulus dari SLTP dan masuk SLTA dapat ikut kembali menjadi Pasukan Paskibra. Untuk Sekolah tingkat SLTA diambilkan dari kelas 10 dan 11, mereka setelah lolos seleksi dari masing-masing sekolah akan dijadikan satu untuk mengikuti latihan yang diadakan di Lapangan Kelurahan Bendo.

Serka Muhammad Zaenuri sebagai Pelatih Paskibra mengatakan bahwa dalam mengikuti kegiatan Paskibra ini para peserta nantinya tidak hanya  mendapat latihan-latihan baris berbaris saja, namun juga ditanamkan rasa kedisiplinan yaitu berlatih tepat waktu, mengikuti gerakan dengan benar dan kompak, mengikuti instruksi dan masih banyak lagi. Setiap kesalahan ada konsekuensinya dan ketidakdisiplinan akan sangat berpengaruh pada keberhasilan tugas mereka pada saat pelaksanaan nanti.

Para anggota Paskibra harus memiliki rasa cinta tanah air. Anggota Paskibra tidak hanya harus bisa berbaris dan mengibarkan bendera. Ia juga akan dibekali Wawasan Kebangsaan tentang Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, sehingga akan membuat anggota Paskibra semakin mengenal dan mencintai Indonesia. Dengan mengikuti latihan Paskibra ini untuk memupuk jiwa kepemimpinan yang nantinya diharapkan menjadi pemimpin-pemimpin di masa depan. Serta dengan terpilihnya menjadi anggota Paskibra nantinya akan membuat bangga dan senang buat anak-anak serta akan membuat bangga dan terharu buat orang tuanya. Imbuh Serka Muhammad Zaenuri. (R13)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.