Magetan – Babinsa Koramil  0804/07  Serda Purwanto sebagai Babinsa Kelurahan Manisrejo, Kecamatan Karangrejo, Kabupaten Magetan hadir langsung pada acara bersih Desa  yang merupakan wilayah binaannya  ( Minggu, 04/08/’19 ).

Kehadiran Babinsa tersebut sebagai wujud kebersamaan di wilayah bersama komponen masyarakat dengan tanpa memandang / tidak pilih – pilih  dan tidak membedakan latar belakang kehidupan   masyarakat di wilayah binaannya.

Manunggal bersatu guyup rukun di lingkungan kegiatan apa yang sedang dilaksanakan oleh masyarakat dan selagi  kegiatan tersebut baik dan berdampak positif bisa sebagai sarana komunikasi sosial  sehingga akan bertambah banyak teman, saudara selain itu bisa mengenal dan tau langsung kultur budaya adat istiadat di masyarakat di wilayah binaannya, tutur Serda Purwanto diasaat percakapan dengan Bapak Suratman tokoh masyarakat sekaligus sesepuh panutan di Kelurahan Manisrejo.

Adat isriadat dan budaya masyarakat keadannya  beragam atau bermacam macam adanya, sebagai aparat Komando Kewilayahan harus mampu dan bisa membaur menyesuikan dalam menyikapi dan menghormati  kemajemukan berbagai macam budaya dan lain  – lain yg ada di wilayah, seperti yang di perintahkan dan di tegaskan oleh Komando atas  bahwa TNI adalah sebagai perekat kemajemukan potensi dan keaneka ragaman  budaya yang di wilayah NKRI karena Negeri kita dari kita dari Sabang sampai merauke kaya akan budaya, hal tersebut selalu diupayakan untuk bisa mendukung dalam rangka pertananan dan keamanan di wilayah karena selalu termonitor baik dan partisipasi aktif atau peran TNI yang bertugas di Komando Kewilayah bisa bersinergi kerja sama baik untuk memelihara menjaga persatuan dan kesatuan dan kesadaran masyarakat untuk saling menghargai perbedaan adat istiadat sehingga  kondusifnya wilayah bisa terjamin,” imbuhnya”.

Pada acara bersih desa di Kelurahan Manisrejo masih terangenda dengan tertib dan rutin dilaksanakan setiap tahun sekali di gelar di lokasi dekat makam para leluhur.

Hal tersebut juga sebagai ungkapan rasa syukur dan di tambah dengan acara do’a bersama untuk mendo’kan para leluhur nenek moyang yang konon pada masa awal merintis berdirinya Kelurahan Manisrejo serta nilai – nilai luhur yang telah di wariskan patut di budayakan, dilestarikan,  beliau yang sekarang sudah almarhum sangat besar jasanya  yang akhirnya berkat jasanya bisa dinikmati oleh generasi penerusnya hingga sekarang, hal tersebut penjelasan  diantara kata sambutan yang di sampaikan oleh Pj. Kelurahan Manisrejo Bapak Purnadi.

Dan tak ketinggalan acara tersebut selain unsur lembaga desa  yang hadir juga dihadiri oleh tokoh agama, tokoh masyarakat serta tamu undangan dan warga masyarakat Kelurahan Manisrejo jumlah sekitar 150 orang lebih.

Kegiatan bersih desa di meriahkan dengan acara tambahan kesenian dari Kearifan lokal dengan menggelar seni tayub atau tari gambyong dimana masyarakat masih antusias dan gemar serta sangat menerima baik kesenian tersebut sebagai kesenian asli daerah.

Pada kesempatan yang sama Pj Keleruhan Manisrejo  menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh hadirin dan tamu undangan yang hadir serta ucapan terima kasih kepada panitia beserta seluruh warga masyarakat yang telah mendukung acara Bersih Desa, Dan apresasi yang positif kepada aparat keamanan yang membantu demi aman dan suksesnya acara bersih desa hingga akhir acara, pungkasnya ( R.07 )

Tinggalkan Balasan