BENDO, Bintara Pembina Desa (Babinsa) merupakan garda terdepan dalam tugas kewilayahan bagi TNI-AD. Untuk meningkatkan kesiapan kewilayahan dan kemampuan teritorialnya tersebut, maka diperlukan kemampuan dan ilmu Teritorial dalam melaksanakan tugas sesuai dengan situasi dan kondisi saat ini. Yakni diantaranya kemampuan temu cepat dan lapor cepat, manajemen teritorial, penguasaan wilayah, Pembinaan perlawanan rakyat dan Kemampuan komunikasi sosial. Oleh sebab itulah Sertu Abdul Manis Babinsa Desa Dukuh Ngopi bareng sebagai sarana Komunikasi sosial dengan warga binaannya. (Kamis, 08/08/19)

Bintara Pembina Desa (Babinsa) sangat penting mengingat mereka berada di ujung terdepan dan bersentuhan langsung dengan masyarakat. Oleh karena itu agar para Babinsa bisa memahami masalah yang ada di sekitarnya dan bertindak sigap dan cepat jika ada masalah-masalah yang terjadi di desa.

Jangan sampai masalah kecil dibiarkan hingga menjadi besar dan tidak terkendali, terutama yang berkaitan dengan terorisme. Demikian juga jika ada orang asing yang masuk ke desa, agar para Babinsa harus mengetahuinya.

Sertu Abdul Manis menuturkan bahwa keberadaan Babinsa yang ada di desa sangat penting sekali. Harus selalu berada di wilayah agar temu cepat, lapor cepat disetiap hal. Jangan sampai ada hal yang terjadi di sebuah desa kita enggak ngerti. Keliru besar kita. Ibaratnya ada jarum jatuh di desa itu pun sudah harus ngerti, sudah harus tahu, di mana jarum itu jatuh, apakah di sungai, jerami atau sawah, Jadi inilah tugas Babinsa selalu monitor wilayah binaannya.

“Agar terjalin hubungan yang harmonis, baik dengan aparat pemerintah desa maupun warga masyarakat, kita harus baik-baik dengan mereka. Kita harus selalu tetap jaga hubungan baik tersebut dengan cara sering-sering silahturahmi dengan aparat pemerintah maupun dengan warga binaan. Salah satu contoh kita ngopi bareng ini agar lebih akrab dengan masyarakat sehingga segala informasi tentang keadaan desa lebih cepat kita dapatkan. Sehingga temu cepat dan lapor cepat bisa terwujud dengan demikian penanganan dan pencegahan setiap permasalahan di desa bisa kita laksanakan dengan tepat” Imbuh Sertu Abdul Manis. (R13)

 

Tinggalkan Balasan