Lembeyan,Pada hari Senin,19-8-2019,mulai pukul 09.00 s/d selelsai,Dalam rangka menyejahterakan masyarakat pedesaan Babinsa 0804/12 Lembeyan Serda Bambang beserta warga masyarakat desa krowe menghadiri kegiatan KUD MAKMUR kec.Lembeyan dalam rangka HUT KOPERASI KE-74 dengan acara kegiatan pembagian SHU Anggota berupa barang( SEMBAKO ) kepada anggota di Desa Krowe sbb: 1. Dusun kajar     : 37 anggota, 2. Dusun Bondot : 14 anggota, dengan jumlah keseluruhan 51 anggota.

 

Koperasi Unit Desa (KUD) merupakan salah satu pilar perekonomian yang berperan penting dalam pembangunan perekonomian nasional. Namun, sejak dikeluarkan Inpres No. 18 Tahun 1998, KUD tidak lagi menjadi koperasi tunggal di tingkat kecamatan.

 

Program-program pemerintah untuk membangun masyarakat pedesaan, seperti distribusi pupuk, benih, dan pengadaan gabah, yang awalnya dilakukan melalui KUD selanjutnya diserahkan pada mekanisme pasar. Hal inilah yang kemudian mengakibatkan lebih dari 5.400 KUD di Indonesia secara umum mengalami penurunan kinerja dan tidak sedikit yang hanya tinggal papan nama. Meskipun demikian, tidak sedikit pula KUD yang bertahan, bahkan berkembang.

 

Untuk dapat mengembalikan peran kunci KUD, imbuhnya, merupakan konsekuensi tuntutan pembangunan ekonomi kerakyatan. Hal ini sejalan dengan prinsip-prinsip dan nilai-nilai koperasi untuk menyejahterakan anggota serta masyarakat pedesaan, termasuk membantu berbagai program pemerintah dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat.

 

Berikutnya peningkatan kualitas sumber daya manusia dalam manajemen KUD melalui pendidikan perkoperasian, pelatihan, dan pendampingan.Serta mereformasi kelembagaan KUD dengan mengintegrasikan kelompok tani dan gabungan kelompok tani sebagai salah satu organ dalam struktur KUD. Dengan demikian, KUD akan menjadi lembaga ekonomi rakyat pedesaan yang mandiri dan tangguh. (R 12).

Tinggalkan Balasan