Plaosan, Dalam rangkaian perkemahan Kwaran Plaosan Rabu (14/08/2019) yang dilaksanakan di lapangan Dusun Klaten Desa Puntukdoro Kec.Plaosan yang dilaksanakan mulai hari Rabu sampai dengan Jumat ini  di ikuti oleh Penggalang tingkat SD/MI sekecamatan Plaosan.

Hadir dalam peringatan Hari pramuka ke 58 ini Plt Camat Plaosan Edy Suntoro S.Sos, M.Si  Danramil 0804/02  Kapten Inf Waluyo Utomo, Kapolsek Plaosan AKP M. Munir SH. M. Hum, Ketua Kwaran Plaosan Muljanto S.Pd  Kepala Sekolah SD/MI  sekecamatan Plaosan, para pembina Pramuka  Kwaran Kecamatan Plaosan dan para peserta Perkemahan tingkat penggalang tingkat SD/MI.

Dalam sambutannya Plt Camat Plaosan membacakan  sambutannya” Yang kami hormati Bapak dan Ibu Dewan Pembina Pramuka .  Kecamatan Plaosan dan seluruh adik-adik sekalian yang kami cintai dan kami banggakan.

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan nikmat, rahmat dan hidayahnya sehingga kita semua dapat berkumpul di sini dalam memperingati hari Pramuka yang ke-58 Tahun 2019.

Selanjutnya, Saya juga ingin mengucapkan selamat Hari Pramuka yang ke 58, semoga jiwa Gerakan Pramuka tetap semangat, selalu produktif, inovatif dan kreatif dalam berkarya, dan selalu menjadi generasi muda yang terdepan dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai ini.

Tema Hari Pramuka ke 58 Tahun 2019 ini adalah “Peringatan 58 Tahun Gerakan Pramuka Bersama Seluruh Komponen Bangsa Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI”. Gerakan Pramuka dengan berbagai kegiatan di luar ruangan akan terus memperkuat menjaga keutuhan NKRI. Sejak awal Pramuka dirancang sebagai alat pendidikan bagi generasi muda untuk menjadi Perekat dan siap membanguna keutuhan NKRI. Karena itu, Pramuka bisa hadir dan diterima oleh masyarakat di semua daerah.

Peringatan Hari Pramuka yang ke-58 Tahun 2019 ini juga akan diramaikan dengan kegiatan bakti masyarakat yang ber-tag line “Pramuka Bersih Negeri” kegiatannya meliputi aksi donor darah, penetapan bulan Agustus sebagai bulan Bakti Pramuka dengan melaksanakan kegiatan bakti diantaranya; pencetusan Komitmen Gerakan Pramuka untuk Mengurangi Sampah Plastlk.akst bersih sampah plastik, aksi bersih pantai, laut, sungai, penghijauan, dan lain-lain.

Pramuka berasal dari kata Praja Muda Karana yang mempunyai arti “sekumpulan anak-anak mud ayang suka berkarya”. Jadi, sebagai anak muda kalian haruslah bisa berkarya dengan cara mengisi hal-hal yang positif dalam kehidupan.

Tujuan dari kegiatan pramuka itu sendiri sangatlah mulia, yaitu untuk mendidik generasi muda jaman sekarang ke hal-hal positif dengan adanya dasar dan metode kegiatan pramuka yang sesuai dengan norma-norma masyarakat yang berlaku.

Dengan begitu makan akan diperoleh suatu anggota pramuka yang memiliki moral, mental dan budi pekerti yang bijaksana. Selain itu, juga akan menjadikan manusia yang memiliki jiwa Pancasila, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sehingga para generasi penerus bangsa akan berguna dan bermanfaat bagi pembangunan bangsa dan negara.

Hadirin sekalian yang saya hormati, Terakhir Saya ingin berpesan kepada segenap anggota Gerakan Pramuka di sini. Teruslah berkreasi, berkaya dalam wadah Gerakan Pramuka. Isilah waktu muda kalian dengan kegiatan yang positif dan produktif. Karena Saya yakin generasi mudah Indonesia adalah generasi yang unggul, generasi yang hebat, generasi yang kreatif, generasi petarung, dan bukan generasi pecundang.

Ingatlah selalu hymne Pramuka, bahwa Pramuka Indonesia adalah manusia Pancasila. Satyaku kudarmakan, darmaku kubaktikan agar jaya Indonesia. Jadilah Patriot bangsa yang tetap kokoh menghayati dan mengamalkan Pancasila, menjaga Bhinneka Tunggal Ika demi kejayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pancasila adalah dasar kita bernegara. Pancasila adalah pemersatu Bangsa. Pancasila adalah rumah kita bersama” Dalam Upacara peringatan hari Pramuka ke 58 tersebut diikuti 800  para peserta perkemahan tingkat penggalang dengan antusias, terlihat dari dengan tertibnya pelaksanaan upacara tersebut yang di mulai pada pukul 15.30 WIB,Adapun Kegiatan Kepramukaan yang dilaksanakan penggalang SD/MI tahun ini sbb : -Lomba Yel Yel -Pentas seni budaya  -Lomba PBB  -Lomba Pionering  -Membuat hiasan dr barang bekas -Lomba tapak kemah   -Api unggun    Dan penutupan yang akan di laksanakan pada hari Jumat (udin)

Tinggalkan Balasan