BENDO, Hari ini Jam’iyyah Ahlith Thoriqoh Al Mutabaroh An Nahdliyah baru melaksanakan Ibadah Sholat Idul Adha 1440 H tahun 2019. Mereka melaksanakan Ibadah bertempat di Masjid Al Huda Dusun Sanan Desa Pingkuk Kecamatan Bendo Kabupaten Magetan yang diikuti sekitar 60 jamaah. Bertindak sebagai Imam dan Khotib yaitu Kyai Mardi. Kyai Mardi dalam kesehariannya merupakan Ketua Takmir Masjid Al Huda tersebut. (Selasa, 13/08/19)

 

Ibadah Sholat Idul Adha 1440 H yang diselenggarakan di Masjid Al Huda tersebut dihadiri oleh Kyai Mardi selaku Ketua Idaroh Ghusniyah Jam’iyyah Ahlith Thoriqoh Al Mutabaroh An Nadhliyah ini dimulai pukul 06.30 wib dengan melaksanakan sholat bersama, setelah sholat dilanjutkan khutbah. Selama kegiatan Ibadah berlangsung mendapat pengamanan dari anggota Koramil 0804-13/Bendo dan anggota Polsek Bendo.

 

Dalam khutbahnya Kyai Mardi menyampaikan bahwa hari raya kurban atau biasa kita sebut Idul Adha yang kita peringati setiap tahun tak bisa terlepas dari kisah Nabi Ibrahim sebagaimana terekam dalam Surat ash-Shaffat ayat 99-111. Setidaknya ada tiga pesan yang bisa kita ambil dari kisah tentang Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail serta ritual penyembelihan hewan kurban secara umum.

 

Tiga pesan tersebut yaitu Pertama, tentang totalitas kepatuhan kepada Allah subhanau wata’ala. Kedua adalah tentang kemuliaan manusia. Ketiga tentang hakikat pengorbanan, sedekah daging hewan kurban hanyalah simbol dari makna korban yang sejatinya sangat luas, meliputi pengorbanan dalam wujud harta benda, tenaga, pikiran, waktu dan lain sebagainya.

 

Setelah sholat Idul Adha dilanjutkan Slametan bersama-sama dengan para jamaah, setelah selesai selamatan dan makan bersama acara dilanjutkan penyembelihan hewan kurban berupa kambing oleh panitia kurban. Dalam kegiatan penyembelihan ini daging hewan kurban akan dibagikan kepada warga masyarakat yang kurang mampu yang ada disekitar Masjid Al Hudan Dusun Sanan Desa Pingkuk.(R13).

Tinggalkan Balasan