Magetan Jawa Timur, Rumah milik Hartini umur 71 tahun yang mengalami sakit lumpuh dan hidup sebatangkara tersebut berada di Desa Setren Kecamatan Bendo Kabupaten Magetan. Rumah tersebut sangat kumuh dan tidak layak huni karena sampah yang berserakan serta debu yang menempel diperabotan rumah sangat tebal, karena pemiliknya yang sakit lumpuh sehingga tidak dapat membersihkan rumahnya sendiri. Hal inilah yang mendorong anggota Koramil 0804-13/ Bendo bekerjasama dengan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dari Dinas Sosial Kabupaten Magetan serta Perangkat Desa dan masyarakat melakukan Kerja bhakti pembersihan rumah milik Hartini tersebut. (Jumat, 13/09)

Rumah yang ditinggal Hartini ini sangat kotor sehingga pemilik rumah rentan tercangkit penyakit. Apalagi yang bersangkutan sudah sakit lumpuh tidak bisa jalan, kalau beraktivitas dengan cara merangkak karena didalam rumah hidup seorang diri. Suami dan anak semata wayang sudah meninggal duluan, jadi mau tidak mau Hartini harus hidup mandiri seorang diri walaupun kondisi kesehatannya tidak memungkinkan untuk melakukan hal tersebut. Inilah yang menggugah hati anggota Koramil 0804-13/ Bendo dan Dinas Sosial Kabupaten Magetan untuk bersama-sama membersihkan rumah yang tidak layak ditempati itu.

Koordinator Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dari Dinas Sosial Kabupaten Magetan, Sri Mulyaningrum menyampaikan bahwa untuk Mbah Hartini ini kondisinya tidak bisa jalan, dalam kegiatan sehari-hari dia merangkak jadi kalau masak sendiri saya rasa sangat berat. Jadi dia perlu dukungan makanan yang sudah matang. Oleh sebab itu Mbah hartini nanti dapat dukungan makanan tiap hari dengan dimasukan kedalam bantuan Lansia, nanti perangkat desa supaya koordinasi bagaimana cara memasak dan siapa yang mengantar makanan ke rumah mbah hartini ini, sehingga mbah hartini tinggal memakan makanan tersebut.

Danramil 0804-13/ Bendo mengatakan bahwa Rumah layak huni merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia. Pada dasarnya rumah layak huni memiliki manfaat yang besar untuk masyarakat itu sendiri. Manfaat terbesar dengan memiliki rumah layak huni yakni datangnya kenyamanan dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Dengan adanya kenyamanan, tentunya kehidupan dalam berkeluarga menjadi tentram, rukun, aman dan bahagia. Dengan memiliki rumah layak huni agar terselenggaranya kesehatan dari setiap masing-masing individu dalam keluarga. Sebab rumah yang layak huni tidak hanya berupa bangunan yang bagus saja namun senantiasa menjaga kebersihan, bersih baik didalam rumah maupun lingkungannya.

“Sudah tugas kami sebagai aparat kewilayahan untuk membantu warga yang memerlukan bantuan. Termasuk Mbah Hartini ini, Beliau dengan kondisi kesehatan seperti itu serta hidup sendirian sehingga tidak memungkinkan untuk menjaga kebersihan rumahnya sendiri. Oleh sebab itu anggota Koramil 0804-13/ Bendo saya perintahkan untuk  melaksanakan kerja bhakti bersama Instansi terkait dalam pembersihan rumah tersebut. Harapannya rumah tersebut jadi bersih dan layak ditempati, agar Mbah Hartini merasa nyaman dan terhindar dari penyakit yang diakibatkan rumah yang kotor dan bau tidak sedap. Nanti Babinsa dan Perangkat Desa akan selalu mengecek kondisi dari Mbah Hartini ini”. Imbuh Kapten Inf Sarpan. (R13)

Tinggalkan Balasan