Magetan– Pengubinan merupakan cara mudah untuk mengetahui potensi hasil panen, khususnya pada tanaman padi, jagung dan kedelai, pengubinan ini biasa dilakukan para petani menjelang masa panen.

Cara menghitung produksi dengan metode pengubinan ini dilakukan Sertu Didik Babinsa Koramil 11/Takeran Kodim 0804/Magetan bersama Dinas Pertanian Kabupaten dan PPL (petugas penyuluh lapangan) Desa Jomblang melaksanakan pendampingan dalam rangka Pengubinan tanaman kedelai jenis Anjas Moro disawah milik Bapak Suratman Rt 04 Rw 02 yang tergabung dalam kelompok tani Usaha Mulya. Kamis(26/9)

Koordinator PPL Desa Jomblang, Wiji mengatakan pengubinan merupakan istilah yang biasa digunakan petugas statistik dan pertanian untuk menghitung secara cepat dan sederhana hasil produk pertanian seperti padi dan jagung.”Cara atau teknik ini paling umum digunakan untuk memperkirakan potensi hasil panen dalam luasan satu hamparan. Melalui pengubinan ini, para petani dapat mengetahui perkiraan hasil panen dari tanaman yang dikelolanya,” ungkapnya.

Dalam hal ini Babinsa Sertu Didik mengatakan, Kehadiran kami ditengah-tengah petani merupakan tugas yang telah diamanatkan oleh pemerintah. Kegiatan ini bukan lagi menjadi hal yang aneh jika kami selalu berada ditengah-tengah para petani karena ini semua adalah tugas dan kewajiban kami selaku pendamping pertanian. Selain itu kegiatan semacam ini juga sebagai ajang silaturahmi antar warga dengan Babinsa, ”tuturnyanya”. (0804/11)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.