Magetan – Pelda Sukarno  menghadiri Pagelaran Wayang Kulit Dalam Rangka Bersih desa, bertempat di balai  desa Turi  kec.Panekan kab. Magetan. Minggu malam ( 22/9/19).

Adapun yg Hadir pada acara bersih desa dids.Turi diantaranya Forkopimca Panekan, Babinsa Desa Turi sertu Jasmanto, babinkamtibmas Aibtu Suwito, Kades  Turi bpk Sunyoto beserta perangkat desa. Ketua BPD ,Tokoh Agama,tokoh adat,tokoh masyarakat , tokoh pemuda serta Warga masyarakat  desa Turi  dan sekitarnya.

Seluruh desa di kecamatan Panekan hampir setiap tahun menyelengarakan acara adat bersih desa diantaranya desa Turi mengawali bersih desa dengan menggelar pagelaran wayang kulit semalam suntuk dengan dalang Ki Guno Carito  dari Magetan lakon Tundung Kolo.

Acara diawali dengan doa kepada Allah SWT agar kegiatan bersih desa ini barokah , tujuan bersih desa yaitu mewujudkan rasa syukur dan taqwa kepada Allah SWT.  yang memberikan kesehatan,  keberkahan bagi  warga masyarakat desa Turi kecamatan Panekan.

kepala desa  bapak  sunyoto mengatakan dengan menggelar pagelaran wayang kuli ini harapan kami kedepan supaya desa Turi dalam lindungan Allah SWT dan masyarakat tentram gemah ripah loh jinawi. serta menyampaikan permohonan maaf dalam waktu dekat desa Turi akan pemlihan kepala desa, selama kami menjabat sebagai kades  mengabdi untuk warga masyarakat desa turi apabila ada kilaf dan kekurangan mohan maaf yang sebesar besar nya . pesan kami siapapun nanti yang menjabat menjadi kepala desa turi membangun desa turi dan menjadilan masyarakat yang sejahtera . “ungkapnya”

Sementara itu Camat  Panekan Djuri. S.sos juga menyampaikan berharap  budaya dan tradisi ini tetap terjaga dan tetap berjalan karena kita sebagai generasi penerus yang wajib menjaga dan melestarikan budaya ini, mudah mudahan kecamatan Panekan kususnya desa Turi  di berikan kekuatan keselamatan dan perlindungan dari Allah SWT. aamiin

selanjutnya pagelaran wayang kulit diawali dengan penyerahan wayang dari kepala desa Turi kepada kidalang Ki Gono Carito dengan  lakon “Tundung Kolo .”

Untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama pagelaran wayang kulit berlansung babinsa  sertu Jasmanto bersama babinkamtibmas melaksanakan pengamanan hingga   sampai  kegiatan selesai. ( R. 03)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.