MAGETAN, JAWA TIMUR,  Pemerintah  Desa Tapen Kecamatan Lembeyan, magetan  mulai membahas penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun 2020.  (Musdes) di Balai Desa Tapen, Senin (16/09/2019).

Tampak Hadir dalam Acara tersebut Camat Lembeyan Saiful Yani,  Danramil 0804/12 Lembeyan Kapten Inf Kapten Puguh  Priyandoko, perwakilan dari polsek, Kanit Binmas Aiptu Jiran , Kepala Desa Tapen Slamet Riyanto beserta perangkat, Ketua BPD H. Komudin beserta Anggota, Ketua LPM beserta Anggota, serta Ketua RT/RW sedesa Tapen, Ketua PKK,  tokoh masyarakat ,  Tokoh Agama,  Tokoh dan Pemuda Desa Tapen

Dalam sambutanya Kepala Desa Tapen menuturkan “Penyusunan RKPDes ini, jika bicara dasar hukum yaitu sebagaimana Peraturan Pemerintah Nomor 11 tahun 2019,  dan Peraturan Bupati No 57 tahun 2018, yang bahwasannya RKPDes itu merupakan penjabaran RPJMDes untuk satu tahun anggaran. Atau dengan kata lain garis penyusunan RKPDes mengacu pada RPJMDes.

“RKPDes ini nantinya ditetapkan melalui Peraturan Desa, yang selanjutnya menjadi rujukan penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa atau APBDes. Kita ingin mekanisme ini berjalan agar pembangunan di Desa Tapen berjalan tertib,” katanya.

Kemudian,  Camat Lembeyan Bapak Saiful Yani menuturkan “RKPDes disusun dengan melihat informasi dari pemerintah daerah perihal pagu indikatif desa, serta rencana kegiatan Pemerintah Desa Tapen. Di mana pada tahun 2020 mendatang.

Untuk itu, lanjut Camat Lembeyan, dalam penyusunan RKPDes ini, tim harus melakukan penyelarasan program pemerintah  dengan desa. Penyelarasan penting guna memastikan program pembangunan di desa satu visi dengan pemerintah kota. Hal ini sebagai upaya untuk lebih mematangkan kembali atau pencermatan terhadap dokumen RPJMDes.

“Meski prioritas pada dua bidang tersebut, tapi harus tetap memperhatikan perimbangan tipologi Desa Tapen ini. Kebetulan tipologi desa, di mana bidang pembangunan dan pemberdayaan jadi perhatian dan perlu ditingkatkan. Tentu  tidak melupakan bidang penyelenggaraan pemerintahan dan pembinaan masyarakat,” jelasnya .

Camat juga Menyampaikan titipan dari Bupati Magetan bahwa setiap desa harus memberi Angaran dalam pengolahan Sampah. (PGH)

Tinggalkan Balasan